Pengembangan Media Permainan Truth Or Dare (TOD) pada Pembelajaran PKn Kelas IV SD Negeri 1 Air Lesing

Pengembangan Media Permainan Truth Or Dare (TOD) pada Pembelajaran PKn Kelas IV SD Negeri 1 Air Lesing

  • Dwi Astuti Universitas PGRI Silampari
  • Aren Frima Universitas PGRI Silampari
  • Andriana Sofiarini Universitas PGRI Silampari
Keywords: Media, Permainan, PKn, Truth Or Dare

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan Truth Or Dare (TOD) kelas IV SD Negeri 1 Air Lesing, serta untuk menghasilkan media Truth Or Dare yang valid, praktis dan memiliki efek potensial. Jenis penelitian yakni Research and Development dengan model pengembangan Four-D (4D). Subjek penelitian ini ialah siswa siswi kelas IV SD Negeri 1 Air Lesing, guru kelas IV dan para ahli validator yaitu ahli bahasa, ahli materi dan ahli media. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, angket dan tes. Berdasarkan hasil analisis penilaian oleh ketiga ahli yakni: ahli bahasa, ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa media Truth Or Dare memenuhi kriteria valid,  dengan rata-rata skor 0,72. Sedangkan dari hasil analisis penilaian lembar kepraktisan siswa dan guru diperoleh bahwa media Truth Or Dare memenuhi kriteria praktis, dengan rata-rata skor 94,66%. Dari hasil analisis uji lapangan diperoleh N-gain(g) sebesar 0,64 dengan klasifikasi sedang, yang berarti media Truth Or Dare memiliki efek potensial sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media Truth Or Dare terbukti valid, praktis dan memiliki efek potensial untuk pembelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar.

Published
2022-10-08