Penerapan Model Learning Cycle 7E terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Mulya Jaya
Penerapan Model Learning Cycle 7E terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Mulya Jaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Mulya Jaya setelah diterapkan model Learning Cycle 7E. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu Pre-test and Post-test. Pengambilan sampel diambil dari jumlah populasi, teknik sampling dalam penelitian ini yaitu menggunakan sampling jenuh. Instrumen yang digunakan berbentuk soal urauian 9 soal. Teknik analisis data menggunakan uji-z pada taraf signifikan a =0,05. Hasil penelitian diperoleh bahwa Zhitung = 2,85 > Ztabel = 1,64, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Mulya Jaya setelah penerapan model Learning Cycle 7E secara signifikan tuntas dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 77,33.