ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS IV SD NEGERI 69 LUBUKLINGGAU
ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS IV SD NEGERI 69 LUBUKLINGGAU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui jenis kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran matematika pada materi pecahan biasa kelas IV SD Negeri 69 Lubuklinggau. Untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar siswa kelas IV SD Negeri 69 Lubuklinggau.. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. informan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 59 Lubuklinggau dan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis menggunakan Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), Verifikasi Data dan Penarikan Kesimpulan (Conclusion: drawing/verivyin). Hasil penelitian disimpulkan bahwa Kesulitan belajar matematika yang dialami siswa terdiri dari tiga kompenen yaitu kesulitan memahami konsep, kesulitan dalam keterampilan, dan kesulitan memecahkan masalah. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika berasal dari faktor internal dan faktor eksternal.