PENERAPAN MODEL TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN MEDIA KARTU TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI LUBUK KEMANG

  • Dewi Sartika Universitas PGRI Silampari
  • Rudi Erwandi Universitas PGRI Silampari
  • Raden Angga Bagus Kusnanto Universitas PGRI Silampari
Keywords: Bahasa Indonesia, Media Kartu, Model Two Stay Two Stray

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa tuntas setelah diterapkan Model Two Stay Two Stray Berbantuan Media Kartu terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri Lubuk Kemang. Metode penelitian yang digunakan  Control group pre-test-pos-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Lubuk Kemang dengan sampel berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, Teknik analisis menggunakan  uji z. Hasil penelitian disimpulkan bahwa model Two Stay Two Stray berbantuan media kartu dapat meningkatkan hasil belajar siswa  Kelas IV SD Negeri Lubuk Kemang dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Setelah diterapkan model Two Stay Two Stray berbantuan media kartu  siswa lebih tertarik dan berminat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini terlihat bahwa pretes nilai rata-rata siswa keseluruhan sebesar 50,77 sedangkan pada postes nilai rata-rata siswa keseluruhan menjadi 76,62, hal ini membuktikan bahwa setelah menerapkan model Two Stay Two Stray berbantuan media kartu, maka hasil belajar siswa mengalami ketuntasan

Published
2022-10-08