Penerapan Pembelajaran Multiliterasi Saintifik terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di SD Negeri Simpang Gegas Temuan

  • Silvira Melati Anjeni Universitas PGRI Silampari
  • Tri Juli Hanjani Universitas PGRI Silampari
  • Armi Yuneti Universitas PGRI Silampari
Keywords: Pembelajaran Multiliterasi Saintifik, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujun untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Simpang Gegas Temuan setelah menggunakan pembelajaran Multiliterasi Saintifik secara signifikan tuntas. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Teknik pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas sedangkan hipotesis yang digunakan adalah uji-zsatu sampel. Hasil penelitian menunjukan rata-rata pre-test diperoleh 48,21 dengan presentase ketuntasan 0% atau tidak ada siswa yang tuntas sedangkan rata-rata post-test 80,71 dengan presentase ketuntasan 100% atau 14 siswa yang tuntas di peroleh nilai Zhitung (5,30) > Ztabel (1,64). Kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran multiliterasi saintifik pada hasil belajar IPA siswa signifikan tuntas.

 

References

Abidin, Y. (2018). Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Firdaus, F. Y & Hakim M. A. (2013). Penerapan Acceleration To Improve The Quality Of Human Resources Dengan Pengetahuan, Pengembangan dan Persaingan Sebagai Langkah dalam Mengoptimalkan Daya Saing Indonesia di MEA 2015 . 2 (2) Mei , 155.

Hajani, T. J. & Egok, A. S. (2018). Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa). 2018, 178.

Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajran Berbasis Multikultural. 3 (3), Desember 2017 , 69.

Muis, M. (2020). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Teori dan Penerapannya. Jawa Timur: Gramedia Communication.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Yuneti, A. Egok, A. S. & Meifisya, T. (2020). Optimalisasi Hasil Belajar IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Melalui Model Learning Cyle 5E Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mardiharjo. Journal of Elemantary School, 3(2) Desember 2020, 129.
Published
2022-04-29