PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 WONOSARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar Matematika Siswa kelas IV SD Negeri 4 Wonosari setelah diterapkan model Discovery Learning. Nilai rata-rata tes akhir siswa sebesar 69,59 serta persentase siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa (85,71%). Metode penelitian yang digunakan berbentuk eksperimen semu dan populasinya adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 4 Wonosari serta sekaligus sebagai sampel penelitian yang berjumlah 28 Siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik sampling jenuh dan data yang terkumpul dianalisis menggunakan tes. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikan = 5% dan dk = 27 menunjukkan zhitung = 5,13 > ztabel = 1,64. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Matematika Siswa kelas IV SD Negeri 4 Wonosari setelah penerapan model pembelajaran Discovery Learning signifikan tuntas.
References
Cintia, N.I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan. 32(1), 69-77. Dari Universitas Kristen Satya Wacana. DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.321.8.
Imam, S.A. & Firmansyah, D. (2019). Pengaruh Kemampuan Resiliensi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Homepage. 356-360. Diakses 28 April 2021, dari Universitas Singaperbangsa Karawang.
Jihad, A & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Lastriningsih, L. (2017). Peningkatan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Melalui Metode Inquiry pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia. 5 (1), 68-78.
Mawardi, & Pratiwi, D.E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Basicude. 4(2), 288-294.
Oktaviani, W., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. 2(2), 5-10.
Prasasti, D.E., Koeswanti, H.D., & Giarti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Discovery Learning di Kelas IV SD. Jurnal Basicedu.3(1), 174-179.
Rahayu, R.D.Y., Mawardi, & Astuti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. 4(1), 8-13.
Riduwan. (2018). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Salmi. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XII IPS.2 SMA Negeri 13 Palembang. Jurnal Profit. 6(1), 1-16.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Susanti, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Probing-Promting untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI.IPA MAN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 2(1), 1-107.