Penerapan Media Bergambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD Negeri Sukakarya
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas III SD Negeri Sukakarya setelah diterapkan Media Cerita Bergambar secara signifikan tuntas. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain eksperimen Pre-test dan Pos-test. Pengambilan sampel diambil dari jumlah populasi mengingat populasi hanya ada satu kelas maka populasi merupakan sampel dalam penelitian sampel yang digunakan adalah sampling jenuh adapun sampel dalam penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yan digunakan peneliti berbentuk soal essay yang berjumlah 8 soal. Pengumpulan data diambil dengan teknik tes. Data dianalisis dengan menggunakan rumus uji “Z”. Berdasarkan hasil uji hipotesis kemudian dikonsultasikan dengan pada daftar distribusi “Z” denan taraf signifikan α = 0,05 sehingga diperoleh nilai dan nilai maka dengan hal ini maka ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media cerita bergambar dapat menuntaskan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Sukakarya.
References
Adipta, Hendra dkk. 2016. Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Sebagai Sumber Bacaan Siswa SD.Jurnal Pendidikan. No. 05 Vol.01
Arikunto, Suharsimi, 2014. Prosedur Penelitian. Edisi Revisi VI. Jakarta : Rineka Cipta.
Afandi, Muhammad (2013). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Semarang: UNISSULA Press.
Ahmadi, I. K & Amri, S (2011). Mengembangkan Pembelajaran IPS TERPADU. Jakarta: PT.Prestasi Pustakarya.
Halim, Dellya dan Ashiong Parhehean Munthe.Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini.Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. No. 03 Vol.09
Karo, Isran Rasyid dan Rohani.2018.Manfaat Media dalam Pembelajaran. Jurnal AXIOM. No. 01 Vol.07
Masruro, Lailatul dan Ganes Gunansyah.2018.Penggunaan Media Cerita Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi IPS Kelas III SD YPI Darussalam Cerme-Gresik.Jurnal PGSD. No. 2 Vol. 06
Muliantara, I KM dkk. 2014. Penerapan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi pada Siswa KelasIII sekolah Dasar Negeri 5 Sudaji Kecamatan Sawan. Jurnal Mimbar PGSD. No. 01 Vol. 02
Munaroh. 2018. Prinsip-prinsip Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Islam.No. 01 Vol.05
Sribudi, Sapriwan dkk.2019.Pengaruh Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SDN 4 Sembalun Lawang.Jurnal PGSD No. 01 Vol. 12
Mahmud. 2011. Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Rustam, A. (2016) Dasar-dasar Statistik: Kaloka : Putri yolanda.
Sugiyono. 2016. Statistik Untuk Penelitian. Cetakan ke Dua puluh tujuh.Bandung : Alfabeta.
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Suryaningsih, Enid an Laila Fatmawati. 2017. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Tentang Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Api Untuk Siswa SD. Jurnal PGSD. No 01 Vol. 12
Syahroni dan Nurfitriyanti. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Dalam Pembelajaran Matematika, Materi Bilangan pada Kelas 3 SD. Jurnal Formatif. No. 02 Vol. 09
Soyomukti, (2015). Teori-teori Pendidikan. Palembang: UPT. Penerbit dan Percetakan
Alfitri (2015). Sosiologi Pendidikan. Palembang: UPT. Penerbit dan Percetakan
Tarigan, Nova Triana. 2018. Pengembangan Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.Jurnal Ilmiah. No.02 Vol. 02
Utami, Sarwik. 2018. Penggunaan Media Bergambar Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Primary No. 01 Vol.07
Yuswanti. 2018. Pengunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD PT. Lestari Tani Teladan (LTT) Kabupaten Donggala.Jurnal Kreatif Tadukola Online. No. 04 Vol. 03.