Pengembangan Modul Menyusun Teks Ulasan Berbasis Kontekstual Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Lubuklinggau
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar modul menyusun teks ulasan yang valid dan praktis. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Dick & Carey. Model Dick & Carey memiliki 10 tahapan yang meliputi, analisis kebutuhan dan tujuan, analisis pembelajaran, analisis pembelajaran dan konteks, memformulasikan tujuan performasi, mengembangkan instrumen, mengembangkan taktik pembelajaran secara spesifik, mengembangkan dan menentukan bahan ajar, melakukan penilaian formatif, melakukan revisi, dan evaluasi sumatif. Namun penelitian ini dibatasi sampai pada melakukan revisi. Subjek atau sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 9 Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan pedoman wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul menyusun teks ulasan berbasis kontekstual siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Lubuklinggau tergolong valid dan praktis dengan angka persentase kevalidan ahli bahasa 0.78, persentase kevalidan ahli materi 0.71, persentase kevalidan ahli desain 0.74, dan persentase kepraktisan memperoleh nilai 0.85 kriteria sangat praktis.
Kata Kunci: Modul, Teks Ulasan, Kontekstual
References
Adeninawati, Dewi, dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Startegi Think Talk Write Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Menulis Teks Ulasan Kelas VIII SMP. Diglosia. 1,2, 75-78.
Anggela. Liberty, dkk. (2021). Modul Menyusun Ulasan Novel Berbasis Kearifan Lokal (Pengembangan Bahan Ajar Sastra pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Musi Rawas. YLIP (Yayasan Linggau Inda Pena),Vol 1, 24-33.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ario, Marfi., Asra, Azmi. (2018). Pengembangan video pembelajaran materi integral pada pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 8, 1, 20-31.
Astiti, Kadek, Ayu. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA Berbasis Kontekstual Pada Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Pembelajaran Sains. 3,1.
Daryanto, (2013) Menyusun Modul. Yogyakarta: Gava Media.
Erwin Widiasworo, (2019) Guru Ideal di Era Digital. Yogyakarta: Noktah
Fatihah, Halimatul, Siti, dkk. (2020). Inovasi Bahan ajar dinamika gerak dengan modul pembelajaran berbasis discovery learning. 6,2.
Friantini, Nurhana, Rizki, dkk. (2020). pengembangan Modul Kontekstual Aritmatika Sosial Kelas 7 SMP. 04,02, 562-576.
Hamzah, Amir. (2019). metode penelitian & pengembangan (Research & Development). Malang: Literasi Nusantara.