Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Memahami Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau

  • Kiki Maryani Universitas PGRI Silampari
  • Inda Puspita Sari
  • Juwati
Keywords: Kata Kunci: Discovery Learning, Kemampuan Memahami Teks Negosiasi.

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan secara signifikan kemampuan memahami teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, yaitu penelitian yang meneliti hanya satu kelas. Sebagai populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau yang terdiri dari 277 siswa dan sebagai kelas sampel adalah kelas X MIA 3. Kelas tersebut dipilih secara acak dengan jumlah 35 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, yaitu pre-test dan post-test. Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan dari hasil uji hipotesis dan analisis data uji “t” menggunakan perhitungan SPSS versi 20, nilai uji “t” (5,506) dengan Sig (2-tailed) yaitu 0,000<0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model discovery learning, kemampuan memahami teks negosiasi signifikan dapat mencapai ketuntasan.
Kata Kunci: Discovery Learning, Kemampuan Memahami Teks Negosiasi.

References

DAFTAR PUSTAKA
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Kosasih, E., & Kueniawan, E. (2019). 22 Jenis Teks & Strategi Pembelajaran Di Sma-Ma/Smk. Bandung: Yrama Widya.
Mubarok, C., & Sulistyo, E. (2014).Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pembelajaran Siswa Kelas X Tav Pada Standar Kompetensi Melakukan Intalasai Sound System Di Smk Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2)
Purba, E.R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Menulis Puisi.Jurnal Pembelajaran Karakter, 5(3)
Rustam.(2016). Dasar-Dasar Statistik. Kolaka: Putri Yolanda.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sibuea, S.K. (2019). Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTS Darul Hikmah TPI Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2022-12-22