Efektivitas Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Drama Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Lubuklinggau
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan media audio visual terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik drama siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 9 Lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen one-group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa X yang berjumlah 287 siswa terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling dan kelas yang dipilih sebagai sampel penelitian ini adalah kelas X-VIII-1 yang berjumlah 32 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian dengan penggunaan teknik tes dan angket. Teknik analisis data hasil dari tes pada penelitian ini dengan langkah yang menentukan nilai rata-rata dan simpangan baku, uji normalitas data, dan uji “t”. Sementara teknik analisis data angket dengan menggunakan presentase frekuensi relatif. Berdasarkan dari hasil penelitian yang sudah didapatkan maka dapat disimpulkan bahwa media audio visual efektif terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik drama pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 9 Lubuklinggau. Hal ini terbukti dari hasil penelitian perhitungan uji t, diperoleh nilai thitung = 813> ttabel = 2,04. Selanjutnya didukung dengan angket respon positif siswa yang menunjukkan bahwa sangat setuju 2,94% dengan kategori baik, setuju 4,25% dengan kategori sangat baik, tidak setuju 2,34% dengan kategori kurang baik, dan sangat tidak setuju 0,46% dengan kategori tidak baik. Sedangkan rata-rata respon negatif siswa menunjukkan bahwa dengan sangat setuju 1,22% dengan kategori kurang baik, setuju 3,09% dengan kategori baik, tidak setuju 2,16% dengan kategori kurang baik, dan sangat tidak setuju 0,65% dengan kategori tidak baik.
References
Anitah, S. (2009). Media Pembelajaran.Tempat terbit: Yuma Pustaka Bekerja
Arsyad, A. (2020). Media Pembelajaran.Tempat terbit: PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Awalludin., Sanjaya, D. M., & Sevriyani, N. (2020). Kemampuan dan Kesulitan Siswa Kelas VIII Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Teks Drama. Jurnal Bindo Sastra, 4, (1), 41.
Azizah, N. A. & Nugraheni, S. A. (2020).Analisis Teknik Menyimak Puisi Melalui Video Animasi Pada Siswa Kelas 2 SD Negeri Triharjo.Jurnal Imiah PGSD, 4(2), 117.
Azzahra, R. (2017). Analisis Pembuatan Video Media PembelajaranDalam Mata Kuliah Pembelajaran MenyimakOleh Mahasiswa Kelas A Semester VProdi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Khairun Ternate. Jurnal Widyabastra, 5(1), 8.
Andyani, A., Saddhono, K., & Mujyanto, Y. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunnakan Media Audio Visual Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal penelitian bahasa, sastra indonesia dan pengajarannya, 4(2), 165.
Enawar, E. & Sumiyani, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Persuasi pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 3 kota Tanggerang. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 4(2), 249.
Darmanto, W. D. & Mildawati, T. (2015).Penerapan Kebijakan Penataan dan Sistem Pemungutan Pajak Reklame Sebagai Sarana Penunjang Efektivitas. Jurnal Ilmu & Riset Akutansi, 4(12), 7.
Dewojati, C. (2012). Drama Sejarah, Teori dan penerapanya.Tempat terbit: Javakarsa Media.
Endraswara, S. (2011).Metode Pembelajaran Drama Apresiasi, Ekspresi dan Pengajiannya. Tempat terbit: CAPS.