Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur- Unsur Teks Berita Melalui Model PBL (Problem Based Learning) Di Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lawang Wetan

  • Desi Noviana SMP Negeri 1 Lawang Wetan
Keywords: mengidentifikasi, teks berita, Problem Based Learning.

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur- unsur teks berita melalui penggunaan model Problem Based Learning (PBL). Metode Penelitian adalah PTK dengan dua siklus yang pada tiap siklusnya terdiri atas empat komponen, yaitu perencanaan (planning), implementasi tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data berupa observasi, penilaian mengidentifikasi teks berita, angket, catatan lapangan, dokumentasi serta wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor menulis cerpen pratindakan sebesar 50,60 (50,60%), siklus I menjadi 64,60 (64,60%), dan pada siklus II menjadi 77,00 (77,00%). Jadi, kemampuan mengidentifikasi siswa dari pretes sampai akhir siklus I meningkat sebesar 14 (14%), pada siklus II peningkatan sebesar 12,36 (12,36%). Berdasarkan perolehan skor di atas, dapat disimpulkan bahwa mulai dari sebelum tindakan hingga sesudah tindakan, nilai keterampilan menulis cerpen siswa telah mengalami peningkatan sebesar 26,36 (26,36%) yaitu dari skor 50,67 (50,67%) menjadi 77,03 (77,03%). Dampak ikutan yang tampak teramati dalam penelitian tindakan adalah perubahan perilaku positif siswa. Pada siklus II, kondisi kelas sudah dapat dikendalikan dan lebih kondusif. Siswa yang kurang termotivasi tampak lebih bersemangat, lebih percaya, diri dan berperan aktif

References

Meilinar, Fina.2015. Kemampuan siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sawang Kabupaten Aceh Utara dalam mengidentifikasi Unsur- Unsur Teks Berita. Aceh: jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Amir, M. Taufiq. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Harsono. 2005. Pengantar Problem Based Learning. Yogyakarta: Medika Fakultas Kedokteran UGM.
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Madya, Suwarsih. 2009. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research). Bandung: Alfabeta.
Moelong, Lexy. J., 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudjana S., H. Djuju. 2001. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Solihah, Laila. 2019. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-unsur Berita dan Menyimpulkan Isi Teks Berita Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw. Tasikmalaya. FKIP, Universitas Siliwangi.
Semi, M. Altar.1995. Teknik Penulisan berita, Features dan Artikel. Bandung: Mufantara.
Koasih,E. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas VIII. Jakarta :Kemendikbud
Published
2023-01-22