Meningkatkan Kemampuan Menelaah Teks Prosedur Melalui Metode PBL (Problem Based Learning) di Siswa Kelas VII SMP Tri Mulya Jakarta

  • Prihatin Suyatiningsih SMP Tri Mulya Jakarta
Keywords: kemampuan siswa; prosedur; problem based learning (PBL)

Abstract

Tujuan yang diharapkan dalam penelititian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam menelaah  teks prosedur  melalui pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada peserta didik kelas VII SMP Tri Mulya Jakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas VII pada semester Ganjil  Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan jumlah peserta didik sebanyak 35 orang. Faktor yang diteliti adalah (a) faktor siswa, yakni keaktifan siswa dalam proses pembelajaran; (b) faktor guru, yakni berkaitan dengan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran teks prosedur ; dan (c) hasil belajar, yakni berkaitan dengan kemampuan siswa dalam menelaah teks prosedur. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data secara kualitatif deskriptif. Indikator keberhasilan tindakan tercapai secara klasikal jika 80% dari jumlah siswa, memperoleh nilai ≥ 75 sebagai kriteria ketuntasan minimal (KKM) kelas VII mata pelajaran Bahasa Indonesia  di SMP Tri Mulya Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik  dalam menelaah teks prosedur  pada siswa kelas VII SMP Tri Mulya  Tahun Pelajaran 2022/2023 dapat ditingkatkan melalui proses pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran problem based learning (PBL). Hal ini dapat buktikan dengan rata-rata persentase kemampuan peserta didik  sebelum pelaksanaan tindakan berada pada rata-rata persentase 60% meningkat menjadi 85%.

References

Ariani, Farida dan Septiaji, Aji. (2019). Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama (SMP) Teks Deskripsi, Cerita Imajinasi, Dan Prosedur. Jakarta: Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Artati, Y. Budi. (2017). Mengarang Sebagai Proses Kreatif. Surabaya: JP Books.
Fathoni, H. Abdurahmat.(2006). Metodologi Penelitian & Teknik Penulisan Skripsi. Jakarta:Rineka Cipta.
Genta Bahtera: (2021) Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, Kantor Bahasa Kepulauan Riau Volume 5 Nomor (1):37-47.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Ramdhan, M . (2021) Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara
Published
2023-01-22