Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Lamaran Pekerjaan melalui Model Problem Solving di Siswa Kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Banyuasin II

  • Ema Malini SMA Negeri 1 Banyuasin II.
Keywords: Menulis, Surat lamaran pekerjaan,, problem solving

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan  melalui model problem solving. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII MIPA 1  SMA Negeri 1 Banyuasin II Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/20202 sebanyak 32 siswa. Teknik dan alat pengumpulan data  menggunakan teknik tes dan non tes (observasi dan dokumentasi). Metode analisis  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan  analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar dari 11 siswa atau 34,38% pada studi awal menjadi 25 siswa atau 78,13%  pada siklus pertama dan 31 siswa atau 96,88% pada siklus terakhir. Hal tersebut didukung dengan kenaikan rata-rata hasil belajar studi awal sebesar 64,69, pada siklus  I  nilai  rata-rata  yang  diperoleh  siswa  adalah  74,38 dan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 85,31 pada akhir siklus kedua serta didukung dengan peningkatan ketuntasan belajar pada keadaan awal sebanyak 9 siswa (28,13%), setelah dilaksanakan perbaikan dengan penerapan penerapan penerapan metode pemecahan masalah (problem solving) pada siklus I meningkat menjadi 15 siswa atau 46,88% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 28 siswa atau 87,50%.  Dari perolehan angka-angka di atas dapat disimpulan bahwa pada siklus kedua, proses pelaksanaan perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil dan tuntas pada siklus kedua.  Dari perolehan angka-angka di atas dapat disimpulan bahwa pada siklus kedua, proses pelaksanaan perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil dan tuntas pada siklus kedua.

References

Abdurrahman, Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Ahmad, Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Akhmad Sudrajat. 2009. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan. Model Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi. Revisi VII. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Asmani, 2011, Tuntunan Lengkap Metodologi Praktis Penelitian Pendidikan : Jakarta, Diva Press.
David B. Johnson, David A. Maltz, dan Josh Broch. 2001, DSR: The Dynamic Source Routing Protocol for Multi-Hop Wireless Ad Hoc Networks. in Ad Hoc Networking, edited by Charles E. Perkins, Chapter 5, pp. 139-172, Addison-Wesley.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Eka MR..2008. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Erman Suherman, dkk. 1999. Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung: UPI.
Hamalik, Oemar. 2009. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hendra Surya. 2003. Kiat Mengatasi Kesulitan Belajar. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Heryanto, 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan
Kelas. Edisi : 2. Jakarta : PT Indeks.
Kunandar. 2010. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Press.
M. Subana. 2007. Dasar-dasar penelitian ilmiah. Jakarta; Pustaka setia
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia: Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mulyasa, E. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana. 1999. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Roesdakarya
Ngalimun dan Alfulaila, Noor. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Permendikbud beserta undang-undang nomor 60 (2014). Tentang Kurikulum di
Indonesia.
Permendikbud Republik Indonesia Nomor 54 (2013). Tentang Standar
Kompetensi Lulusan (SKL).
Permendikbud Republik Indonesia Nomor 69 (2013). Tentang Kerangka Dasar
dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.
Roestiyah N.K. 1986. Didaktik Metodik. Jakarta: Bumi Aksara.
Sangidu. 2004. Metode Penelitian, Pendekatan Teori, Metode dan Kiat. Yogyakarta: UGM
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Gradindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Sufanti, Main. 2010. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan Bandung : Remaja Rosda Karya.
Sukmadinata, Nana. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung:
Remaja Rosdakarya
Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Suryadi. 2006. Hakekat Inovasi Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.
Tarigan Henry Guntur. 1999. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Windayana, dkk 2006. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.
Zuhairini, dkk, Metodik Khusus Pendidikan, Usaha Nasional, Surabaya, 1997.
Published
2023-01-23