PENERAPAN MODEL FLIPPED CLASSROOM MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATKA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP NEGERI 1 LUBUKLINGGAU

  • Ragil Alimustofa Universitas PGRI Silampari
  • As Elly UNPARI
  • Maria Luthfiana UNPARI
Keywords: Penerapan, flipped classroom dan pemahaman konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana kemampuan pemahaman konsep siswa setelah diterapkan model flipped classroom menggunakan video pemebelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuklinggau. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan populasi kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuklinggau. Sampel dalam penelitian ini kelas VIII.9 yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan tes berbentuk essay sebanyak 4 soal. Dengan nilai rata-rata pada posstest nilai siswa yaitu 80,80. Analisis data dengan Uji-t berdasarkan hasil tes akhir dengan taraf signifikan α = 0,05 dan hasil anaisis uji hipotesisnya yaitu thitung (8,71) > ttabel (1,70), jadi dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuklinggau setelah diterapkan model flipped classroom signifikan berada dikategori baik (  > 70).

References

Afrilianto, (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. 1(2): 193-200.
Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1(1). 2-3.
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyono, D., & Elly S., A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan,Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2). 238- 250.
Dwi, S., Henry, P., & Yerry, S. Puzzle Papan Interaktif untuk kegiatan Cooperative Learning anak usia dini. PRosiding 2016, 127-128.
Hawa, L. (2015) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui
Penggunaan Metode Improve pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua
Variabel. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3): 190-197.
Maolidah, I. S., Ruhimat, T., & Dewi, L. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom pada Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Educational Technologia, 1(2). 1-8.
Ningsih, S., & Dukalang, H. H. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analsis Regresi Linier Berganda. Jambura Journal of Mathematics, 1(1), 43-53.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaraan Mengembangkan Propesional Guru. Jakarta: Raja Farindo Persada.
Santrock, John. (2011). Educational Psychology. 5th ed. New York: McGraw-Hill
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Teruna & Abu. (2013). Asik Belajar dengan Pakem Matematika. Jakarta Timur: Citra Unggul Laksana.
Yulietri, F., & Mulyoto, M. (2015). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Jurnal Teknodika, 13(2), 6-7.
Published
2023-02-06