PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA BERBASIS MASALAH DENGAN MODEL SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) PADA MATERI SUMBER BUNYI KELAS IV SD

  • Dea Widaswari Universitas PGRI Silampari
  • Defa Fika Anggraini Universitas PGRI Silampari
Keywords: LKPD, SSCS, Sumber Bunyi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan LKPD IPA berbasis masalah dengan model Search, Solve, Create and Share (SSCS) pada materi sumber bunyi kelas IV SD serta menguji kelayakan dan respon pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) IPA berbasis masalah dengan model SSCS pada materi sumber bunyi kelas IV SD serta untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memecahkan suatu masalah baik dalam kelompok ataupun mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Development Research). subjek penelitian ini adalah 1 orang guru kelas IV dan 20 peserta didik kelas IV SD N 31 Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data yang digunakan ini dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan angket validasi ahli untuk menguji kelayakan. Ada 6 ahli yang menjadi validator masing-masing 2 orang untuk 3 aspek validasi yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain. Untuk respon pengguna peneliti melakukan wawancara terhadap guru untuk mengetahui respon guru dan menyebarkan angket kepada peserta didik untuk mengetahui respon siswa. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa LKPD IPA berbasis masalah dengan menggunakan model SSCS pada materi sumber bunyi kelas IV SD dinyatakan layak digunakan dengan skor aspek materi 0,71 dengan kriteria layak, aspek bahasa skor 0,77 dengan kriteria layak, dan aspek bahasa dengan skor 0,73 dengan kriteria layak. Untuk respon guru dan peserta didik memenuhi kriteria respon baik berdasarkan hasil wawancara dan hasil angket yang diberikan. Oleh karena itu LKPD yang dikembangkan ini dapat digunakan oleh peserta didik.

References

Deli, Maida. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 13 Pekanbaru. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, Volume 4 Nomor 1.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Periartawan, E., Japa, I. G. N., & Widiana, W. (2014). Pengaruh model pembelajaran SSCS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV di gugus XV Kalibukbuk. Mimbar PGSD, 2(1).
Rahmatika, F., & Alimah, S. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Search, Solve, Create, and Share pada Praktikum Mandiri Materi Mollusca dan Arthropoda. Journal of Biology Education, 3(3).
Punaji., Setyosari. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.Jakarta:Pranadamedia Group.
Tegeh, M., Jampel, N., dan Pudjawan, K., (2014). Model Penelitian Pengembangan, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Winarni, W. (2018). Pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bengkulu: Unit penerbitan FKIP UNIB
Published
2023-08-15