Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis ICT Bagi Guru di SMA Negeri 1Penukal Utara PALI
Abstract
Abstrak
Pandemi Covid-19 di awal tahun 2020 mengubah beberapa kebijakan dalam dunia Pendidikan. Salah satunya adalah mengganti pembelajaran tatap muka atau luring dan menjadi pembelajaran secara online atau daring. Dalam kegiatan pembelajaran secara online guru dituntut untuk dapat memanfaatkan media pembelajaran berbasis ICT. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran secara online adalah video pembelajaran. Kendala yang sering ditemukan adalah banyak guru yang masih mengalami keterbatasan menggunakan aplikasi komputer dalam pembelajaran sehingga guru kesulitan dalam membuat media pembelajaran berbasis ICT. Hal ini menjadi salah satu alasan diadakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat bagi guru di SMA Negeri 1 Penukal Utara Pali. Salah satu tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi komputer dan dapat membuat media pembelajaran berbasis ICT seperti video pembelajaran menggunakan aplikasi Camtasia. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan praktek. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatnya kemampuan guru dalam membuat video pembelajaran sehingga dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: aplikasi komputer, camtasia studio, pengabdian kepada masyarakat
References
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35-49.
Aflahah, A., Hefni, M., & Fawaid, A. (2020). Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis IT menggunakan software camtasia untuk guru alumni prodi PGMI fakultas tarbiyah. PERDIKAN (Journal of Community Engagement), 2(2), 54-65.
Alfiah, R. (2008). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Macromedia Flash Profesional 8 sebagai Sumber Belajar bagi Siswa SMA/MA kelas XII Semestewr 1 untuk Materi Pokok Transformasi Geometri. Skripsi. FKIP UIN Sunan Kalijaga.
Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.
Fuadiah, N. F., Marhamah, M., Sari, E. F. P., & Jumroh, J. (2021). Pelatihan pembuatan video pembelajaran bagi guru sma karya ibu palembang. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 152-160.
Purbaya, E. W. (2010). Pengembangan CD Pembelajaran Kimia Menggunakan Adobe Flash CS3 Sebagai Sumber Belajar Bagi Siswa SMA/MA kelas X Semester 1 Materi Pokok Sistem Periodik Unsur. Skripsi. FKIP. UIN Sunan Kalijaga.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.
Sholeh, M., Suraya, S., & Suraya, I. (2018). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Informasi Dengan Camtasia Studio Bagi Guru Di Smk Muhammadiyah 2 Muntilan-Magelang. Jurnal Terapan Abdimas, 3(2), 192-199.
Suryadi, A., Rosiyanti, H., & Aspar, M. (2020). Pengembangan Media Belajar Menggunakan Software Camtasia Bagi Guru Lab School FIPUMJ. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat 2020, 1–5.
Suwardana, H. (2018). Revolusi industri 4. 0 berbasis revolusi mental. JAI UNIK: Jurnal Ilmiah teknik dan Manajemen Industri, 1(2), 109-118.
Wahyuni, L. G., Adnyani, L. D., & Pratiwi, N. P. (2020). Media pembelajaran digital berbantuan studio camtasia. Proceeding Senadimas Undiksha, (p. 1576).
Wardany, K. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio Berbasis Power Point Bagi Guru Smk Integral Minhajut Thullab Pekalongan. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 8(4), 1104-1111.