Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 2 Jambu Rejo

  • Safitri Rohma Utami STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Eka Lokaria STKIP PGRI LUBUKLINGGAU
  • Elya Rosalina STKIP PGRI LUBUKLINGGAU
Keywords: Think Talk Write (TTW), Hasil Belajar, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPA setelah diterapkan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Jambu Rejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh kelas IV SD Negeri 2 Jambu Rejo tahun ajaran 2021/2022. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Sampel yang diambil adalah 16 siswa dan diajarkan dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Metode penelitian menggunakan eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk soal essay. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-z. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata 79,81 dengan ketuntasan belajar 93,75%. Hasil analisis uji-z diperoleh = ( ) ˃ = (1,64) yang menunjukkan bahwa hipotesis  ditolak dan  diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Jambu Rejo setelah penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berada pada kategori signifikan tuntas.

Published
2022-04-30