Pengembangan Media Ular Tangga pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri Sungai Jauh
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media ular tangga bentuk visual pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri Sungai Jauh yang valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yakni R&D (Research and Development), dengan model pengembangan 4-D yang hanya menggunakan 3 tahapan yakni pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Berdasarkan hasil analisis penilaian yang diperoleh dari validator bahasa, materi dan media memperoleh rata-rata skor 0,84 dengan kategori cukup tinggi yang memenuhi krieria valid. Kemudian hasil analisis kepraktisan siswa dan guru memperoleh rata-rata 94,6% yang memenuhi kriteria sangat praktis sehingga dapat disimpulkan media ular tangga pada pembelajaran tematik kelas IV valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Al-Tabany. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta:PT Kharisma Putra Utama
Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur. Banjarmasin: Laksita Indonesia.
Chotimah, U. & Mariyati. (2021). Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran PPKn.Palembang: Bening Media Publishing
Edi, F. R. S. (2016) Teori Wawancara Psikodignostik. Yogyakarta:PT.Leutika Nouvalitera
Febriandi, R., Susanta, A., Wasidi. (2019). Validitas LKS Matematika Dengan Pendekatan saintifik Berbasis Outdoor Pada materi bangun datar. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar,2(2), 148-158
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar.Bandung:CV Pustaka setia
Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan. Malang: Literasi Nusantara
Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) Sebagai salah satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan. FKIP_UTM, 1(37), 11-26
Herlinah, V. (2019). Panduan Praktis Mengelolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. Jakarta:PT.Elex Media Komputindo
Kadir, A & Asrohah, A. (2015). Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persaja
Kharisma & Asman. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Prestasi Belajar Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1 (1), 35-47
Kurniati, dkk. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Hasil Belajar Tematik Materi Penjumlahan Puluhan Menggunakan Metode Permainan Media Ular Tangga. Jurnal---
Kusumo, G. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Terintegrasi dengan Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Bahsa Indonesia SD Kelas IV. Jurnal Bahasa Sastra dan Pengajarannya, 1 (1), 6
Lestari, F., Egok, A.S., Febriandi, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD. Wahana Didaktita, 3(18), 255-269
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV.Pustaka Setia
Majid, A. (2020). Pembelajaran Tematik terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Maratusholihah dkk (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai Pekerjaan. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 3(7), 253-260
Marimin & Magfiroh, N. (2011). Aplikasi Teknik Pengambilan Keputusan Dalam Manajemen Rantai Pasok. Bogor: PT.Penerbit IPB Press
Marsetyaningsih, H. (2014). Kegemaran Membaca Diperpustakaan dan prestasi Belajar Anak. Sukoharjo: Griya pena wartawan
Nisyak, R., Trapsilasiwi, D., Fatahillah,A., Susanto, Murtikusuma, R. P. (2018). Pengembangan Media Pembeajaran Interaktif Online Menggunakan Schoology Berbantuan Web Desmos Materi Grafik Fungsi Kuadrat. Ckadikma, 2(9), 155-164
Nugroho, E. (2018), Prinsip-Prinsip Menyusun Kuesioner. Malang:UB Press
Prastiyo, F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan model Kooperatif Jigsaw. Surakarta: CV. Kekata Group
Priansa, D. J. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana (Divisi Prenadamedia Group)
Rahma. (2019). Media Pembelajaran. Jurnal Studi Islam. 2(14). 87-99
Ramli, M. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Press
Rosyid, M. Z., Sa’diyah, H., Septiana, N. (2019). Ragam Media Pembelajaran. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi
Salahudi, A. (2015). Penelitian Tindakan kelas. Bandung:Cv Pustaka Setia
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung:Alfabeta
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.
Suryani. N, dkk. 2019. Media Pembelajran Inovati dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara