PENERAPAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SD NEGERI PAGARSARI

  • Rizky Indah Palupi Universitas PGRI Silampari
  • Agung Nugroho Universitas PGRI Silampari
  • Asep Sukenda Egok Universitas PGRI Silampari
Keywords: Kemampuan menulis karangan narasi, Media gambar berseri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keterampilan menulis karangan narasi dapat menuntaskan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Pagarsari Tahun Ajaran 2024 setelah diterapkan media gambar berseri. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V SDN Pagarsari dan sampel penelitian berjumlah 15 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Metode penelitian yang digunakan eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Tes berbentuk essay sebanyak 1 soal membuat karangan. Teknik analisis data dengan langkah-langkah: skor rata-rata dan simpangan baku, uji normalitas data dan uji-z. Rata-rata nilai Pre-test sebesar dan nilai Post-test 67,67% sebesar dengan persentase siswa yang tuntas 73,33%. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis dengan nilai  1,26 dan nilai  1,64 artinya diterima  ditolak dengan taraf kepercayaan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar berseri secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SD N Pagarsari

References

Afandi, M. (2013). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Semarang: Unissula Press
Afifatu, R. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 9 (1) : 15-32
Andayani, tuti. (2015). Improving students’ ability in writing narrative text by using picture series at the eighth grade students of smp negeri 03 Sindang kelingi. Journal of Linguistics and Languange Teaching, 2(2).
Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Arifin, Zainal and Amran Tasai (2002), Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi, Jakarta: CV Akademika Presindo
Diana, Sinta dkk. 2018. Pengaruh Media Gambar Berseri terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas X SMA GKPI Padang Bulan Tahun 2917-2918
Dwi, C., Priana, S., & Evi, F. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(1).
Finoza, Lamudin. (2008). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.
Habiby, W. N. (2017). Statistika Pendidikan. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Hasan, (2022). Penerapan Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Menulis Karangan. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ilmu Pendidikan, 3(2), 111-117.
Karjak. (2017). Peningkatan motivasi dan kemampuan menulis berita melalui media gambar pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 9 Surakarta tahun pelajaran 2015-2016. Konvergensi, 5(20), 37-54.
Keraf, Gorys. (2007). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT. Gramedia.
Crimmon, M.C & Dwi, P. (2019). Pembelajaran Menulis Narasi Dengan Media Gambar Seri di Sekolah Dasar Negeri 1 Giritirto. 5, 19-25
Nurhayati, E. (2016). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jpgsd, 01(02), 0-10.
Renza, M. A., Affandi, L. H., & Setiawan, H (2022). Pengembangan Media Gambar Berseri Pada Materi Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 445-451.
Rahmawati, Mega & Suryadi, Edi. 2019. “Guru sebagai Fasilitator dan Efektivitas Belajar Siswa”. Dalam Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 4. Nomor 1 (49-54). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Stephen, C.C. & Muriel, L.Y. (2013). Narrative and performative acts in cultural education: The teaching of writing as critical communication. Inter- Asia Cultural Studies.
Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suparno dan Yunus, M. (2008). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Surachim, A. (2016). Efektivitas Pembelajaran Pola Pendidikan Sistem Ganda. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Widyamataya, Al. dan Sudiatim, A. (1997). Dasar-dasar Menulis Karya Sastra Ilmiah. Jakarta: Grasindo.
Zurriyati, Z., Hayati, F., & Simatupang, Y.J. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemuaan melalui Media Gambar Berseri pada Anak Kelompok A TK Bungong Nanggroe Kecamatan Padang Tiji Kab. Pidie. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1).
Published
2024-08-02