EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICRURE PADA KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DI SISWA KELAS V SDN 02 MUARA KELINGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDN 02 Muara Kelingi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu atau biasa disebut dengan Pre-Experimental Design dengan metode kuantitatif analisis statistik deskriptif. Sampel penelitian diambil dari populasi kelas Vb SDN 02 Muara Kelingi yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Tes berbentuk uraian sebanyak empat soal essay. Berdasarkan hasil penelitian data skor tes akhir dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis uji t pada hasil Pretest dan Posttest, didapat diperoleh thitung sebesar = 84,142 dan ttabel sebesar = 2.055 sehingga thitung > ttabel. Berdasarkan analisis tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat diartikan bahwa adanya keefektifan penggunaan model pembelajaran Picture and Picture pada kemampuan menulis karangan deskripsi di siswa kelas Vb SDN 02 Muara Kelingi
References
Aidid, E. (2020). Menulis Paragraf Deskripsi Melalui Kontekstual Komponen Pemodelan Metod. Lamongan: Wijaya Purnama Nusantara.
Al, R.H et al.,. (2021). Validitas Dan Reabilitas Angket Motivasi Berprestasi. Jurnal Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan, 4(4), 264.
Alawiah, A. (2019). Penerapan Media Gambar Lingkungan Sekitar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Di Sekolah Dasar. Jurnal of islamic Elementary school, 2(2), 150.
Anaktototy, K. (2020). Strategi Menulis Akademik Berbasis Rubrik: Konsep, Teori, Dan Praktek. Jawa Barat: Penerbit Adab.
Ayu, A.R et al., (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMPN 3 Sidoarjo. Jurnal bapala, 2(5), 1.
Dalman. (2011). Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: Rajawali Pers.
Diah Ayu Paramita, Agrissto Bintang Aji Pradana, putri Meinita Triana (2023) Peningkatan Ketrampilan Membaca Permulaan Menggunakan Picture And Picture Berbantuan Media Alphabet Spinner, Borobudur Educational Review Vol. 03 No. 1 (2023) pp. 41-48.
Dwi, F.U. (2023). Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik. Medan: Guepedia.
Dwi, R.A et al., (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Berbantu Media Flashcard Terhadap Keterampilan Menulis Karangan. International Journal Of Elementary Education, 3(1), 36.
Endang, K. S.N., & Nuryani. (2016). Pengembangan Siswa Melalui Pemebelajaran Menulis Di Sekolah Dasar. Jurnal Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesastraan dan Budaya, 6(1), 59-60.
Fitriani. (2019). Analisis Kesalahan Penulisan Kata Pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sekayu. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 7.
Gardis, H., & Hasyda, S. (2021). Monogrof Penerapan Model Picture and Picture untuk Meningkatkan Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Lisnawati, A., & Samsudin, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Mengetahui Gambaran Menulis Deskripsi Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. Sebelas April Elementary Education, 2(1), 13-14.
Mirnawati & Firman. (2019). Penerapan Teknik Clustering Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Pesantren Datuk Sulaiman Palopo. Jurnal Studi dan Pembelajaran, 2(2),166.
Nurmala, U. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia (PTK Dikelas V SDN Sukajadi 1 Kecamatan Carita,Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten). Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten. http://repository.uinbanten.ac.id/4022/
Nyoman, I.G. (2021). Pennerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 19.
Pakpahan, A.F. et al.,. (2021). Metodologi Penelitian Ilmiah. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Rachman, F., & Wachib, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Menggunakan Metode Picture And Picture Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Journal Of Empirilac Research In Islamic Education, 9(2), 21.
Rachman, F., et al.,. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Kemampaun Menulia Karangan Deskripsi. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3 (6), 383.
Roflin, E., et al.,. (2021). Populasi, Sampel, Variabel Dalam Penelitian Kedokteran. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management (NEM).
Septiana, Dian Samitra, Armi Yuneti (2022) Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Ipa Siswa Kelas Iv Sd Negeri Sumber Jaya, Published By Lp3mkil Ylip (yayasan Linggau Inda Pena) South Sumatera, Indonesia, Vol. 2 No. 1, Januari.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran INOVATIF Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Siti, N.N., et al.,. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Dengan Metode Picture And Picture Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(6).
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Alfabrta.
Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitaf, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Supriadi, J. (2022). Cara Menulis Karangan Deskripsi dengan Model SAVI. Bandung: Indonesia Emas Grup.
Tri, E.W. (2021). Pengaruh Pengunaan Kosakata Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi. Jurnal pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JJPGuseda), 4(3), 239.
Ulfa, I., & Aulia, D. P. (2022). Penerapan Model Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Struktur dan Jaringan Tumbuhan. Jurnal Profesi Keguruan, 8(2), 170.
Ulfa, U., ddk. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Picture And Picture Dengan Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Sederhana. Journal For Lesson and Learning Studies, 2(2), 269.
Widodo, A., et al.,. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 110.
Yully, W.W. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Keterampilan Menulis Untuk Tingkat Universitas. Jurnal KREDO, 2(2), 230.
Yunita, C.S., et al.,. (2020). Efektivitas Metode Pembelajaran Picture And Picture 'Gambar Dan Gambar' Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siawa Kelas X SMA Anugerah
Harapan Bangsa. Jurnal Penelitian, pendidikan dan pengajaran, 1(1).
Wayan Widana & Putu Lia Muliani (2020) Uji Prasyarat Analisis, Klik Media, Lumajang, Jawa Timur.