PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KWARTET DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PBL PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 55 LUBUKLINGGAU
Abstract
Penelitian Ini bertujuan Untuk Mengembangkan Sebuah Produk Media Kartu Kwartet Dengan Menggunakan Model PBL Pada Pembelajaran IPS SDN 55 Lubuklinggau Valid, Praktis dan Efisien. Jenis penelitian ini Pengembangan, Research and Development (R&D). Siswa kelas IV a SDN 55 Lubuklinggau Sebanyak 23 orang terdiri dari 13 laki-laki, dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan Analisis kevalidan,Analisis kepraktisan, Analisis keefektifan dan Angket kerpraktisan guru dan siswa. Hasil penelitian oleh ketiga ahli yaitu skor yang diperoleh ahli media 0,71 ahli bahasa 0,83 dan ahli materi 1 rata-rata keseluruhannya 0,83 dengan kategori tinggi, valid. Sedangkan hasil analisis lembar kepraktisan guru memperoleh 100% dan kepraktisan siswa one to one 88,88%, kepraktisan siswa small group 93,33%, dengan kategori sangat praktis. Hasil Analisis Keefektifan soal pretest yaitu 38,91% selanjutnya posttes dengan presentase 78,47%. N-gain adalah nilai 0,64 dengan katagori “Sedang” Cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Sehingga Media Kartu Kwartet Dengan Menggunakan Model PBL Pada Pembelajaran IPS memenuhi kriteria valid, praktis dan efisien serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Azwar (Lestari, F, dkk, 2021 : 398) Realibilitas Dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Darmini. (2019). Menggunakan Model Pembelajaran Example dan Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan TambusaiVol 3 (6)
Daryanto, (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Cava Media
Fathurrohman & Muhammad. 2015. Model–Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Firmansyah & Dani. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika Vol 3 (1)
Habibah,Syarifah. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Examples dan NonexamplesTerhadapKetuntasanHaslBelajarSiswaPadaMateriTokoh-TokohPergerakanNasionalKelas VSDN70BandaAceh. Jurnal Pesona Dasar Vol3 (4).
Habitati.(2017). Strategi Belajar Mengajar. Darussalam,Banda aceh: Syiah Kuala UniversityPress
Hamzah, A.(2019). Metode penelitian dan pengembangan. Malang: Literasi Nusantara.
Hariyanto, H. Y. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2 : Teori dan Praktek. Pasuruan : Lembaga Academic & Research Institu
Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:PustakaBelajar
Isrok’atun dan Amelia Rosmala.(2018).Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta:BumiAksara
Mulyana. (2016). Penggunaan Media Kartu Kwartet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada MAteri Peninggalan Sejarah Hindu-Buddha di Indonesia Dalam Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pena, 1(1), 481-490
Pane, A, Dasopang, D, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2). 333-352.
Santoso B. & Hermawan. (2016). Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar dengan Metode Problem Basic Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Tune Up Motor Bensin SiswaKelas XI di SMK Insan Cendekia Turi Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. JurnalTamanVokasi Vol 5 (1)
Sari, I. P., Sari, S. A., & Rahmayani, R. F. I. (2016). Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Materi Asam Basa Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Aaktivitas Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 2(1), 1–10.
Sasmita. (2017). Penggunaan Permainan Kartu Kuartet Pintar Sejarah (KKPS) dalam Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada siswa Kelas X IPA 7 SMA Negeri 1 Surakarta Semester GAsal Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Artefak: History and Education, 4(2), 119-.128
Setiyorini, I., & Abdullah, M. H. (2013). Penggunaan Media Permainan Kartu Kuartet Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1 (2), 1–10.
Sudaryono (2016). Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta : kencana.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : AIFABETA, CV.
Sulastri, H. M., Saleh, Y. T., & Sunanih, S. (2020). Pengaruh Media Kartu Kuartet Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian.
Sunanih, dkk. 2020. Pengaruh Media Kartu Kuartet Terhadap Kemampuan Membaca Siswa dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 2 No. 3, Hal. 486-492
Supardan, D. 2015. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Perspektif Filosofi dan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.
Susanto, Ahmad. (2016). Pengembangan Pembelajaran IPS. Jakarta: Prenamedia Goup.