DAMPAK PSIKOLOGIS DAN SOSIAL TERHADAP PERKEMBANGAN MENTAL ANAK BROKEN HOME DI SDN 54 LUBUKLINGGAU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana DampakĀ Pada Psikologis dan Sosial Terhadap Perkembangan Mental Anak Broken Home di SDN 54 Lubuklinggau. Metode penelitian ini deskriptif kualitatif. Populasi dan sampel atau subyek dalam penelitian ini siswa kelas Va dan Vb, sedangkan sampel dalam penelitian ini 6 siswa yang mangalami broken home. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisi data dalam penenlitian ini menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjuhkan bahwa broken home cukup berpengaruh bagi psikologis dan sosial terhadap mental siswa. Simpulan maka kecenderungannya siswa yang mengalami broken home cukup berdampak
References
Ardilla, A., & Cholid, N. (2021). Pengaruh Broken Home Terhadap Anak. Studia: Jurnal Hasil Penelitian Mahasiswa, 6(1), 1-14.
Adristi, S. P. (2021). Peran orang tua pada anak dari latar belakang keluarga broken home. Lifelong Education Journal, 1(2), 131-138.
Ariadi, P. (2019). Kesehatan mental dalam perspektif Islam. Syifa'MEDIKA: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 3(2), 118-127.
Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150.
Ariyanto, K. (2023). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Anak. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(1), 15-23
Fakhriyani, D. V. (2019). Kesehatan mental. Pamekasan: duta media publishing.
Fadhallah, R. A. (2021). Wawancara.Jakarta Timur. Unj Press.
Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif.
Herawati, T., Krisnatuti, D., Pujihasvuty, R., & Latifah, E. W. (2020). Faktor-faktor yang memengaruhi pelaksanaan fungsi keluarga di Indonesia. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 13(3), 213-227.
Hasanah, U. (2020). Pengaruh perceraian orangtua bagi psikologis anak. Agenda: Jurnal Analisis Gender dan Agama, 2(1), 18-24.
Hoesni, F., & Firmansyah, F. (2020). Analisis Ketahanan dan 8 Fungsi Keluarga di Provinsi Jambi Serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(1), 309-319.
Kartini, I. I., Listiawaty, T. N., & Rosita, T. (2019). Gambaran Motivasi Belajar Siswa yang Mengalami Broken Home. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(1), 9-16.
Lubis, Z., Ariani, E., Segala, S. M., & Wulan, W. (2021). Pendidikan keluarga sebagai basis pendidikan anak. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 92-106.
Massa, N., Rahman, M., & Napu, Y. (2020). Dampak Keluarga Broken Home Tehadap Perilaku Sosial Anak. Jambura Journal of Community Empowerment, 1-12.
Mahendra, J. P., Rahayu, F., & Ningsih, B. S. (2022). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus Di Tk Sedesa Tegal Maja Lombok Utara). JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2).
Muttaqin, I., & Sulistyo, B. (2019). Analisis faktor penyebab dan dampak keluarga broken home. Raheema: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 6(2), 245-256.
Mamuly, W. F., & Paunno, M. (2023). Dampak Psikologi dan Sosial Terhadap Kesehatan Mental Anak Korban Broken Home di Desa Hattu Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Inovasi Kesehatan Adaptif, 5(3).
Mistiani, W. (2018). Dampak keluarga broken home terhadap psikologis anak. Musawa: Journal for Gender Studies, 10(2), 322-354.
Mone, H. F. (2019). Dampak perceraian orang tua terhadap perkembangan psikososial dan prestasi belajar. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(2), 155-163.
Nurmala, U. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia (PTK Dikelas V SDN Sukajadi 1 Kecamatan Carita,Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten). Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten. http://repository.uinbanten.ac.id/4022/
Nento, A. (2019). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Memberi Solusi Siswa Yang Broken Home. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 27-41.
Oktora, N. D. (2021). Dampak Perceraian Orang Tua Bagi Psikologis Anak. SETARA: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 3(2), 24-34.
Ramadhani, P. E., & Krisnani, H. (2019). Analisis dampak perceraian orang tua terhadap anak remaja. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 109-119.
Rufaedah, E. A. (2020). Peranan pendidikan agama dalam keluarga terhadap pembentukan kepribadian anak-anak. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 1(1), 8-25.
Rahayu, E., Anggraini, V. A., & Islam, S. N. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Anak Usia SD/MI Dalam Pembelajaran Online Di Saat Pandemi Covid-19. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 37-49.
Rajagukguk, S. R. J., Sibagariang, S., Sinaga, N. R., Sitompul, H. Y., & Widiastuti, M. (2022). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Peserta Didik Yang Mengalami Kesulitan Berkosentrasi. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 1(4), 383-402.
Raihana, A. Q. (2023). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Siswa dari Keluarga Broken Home Kelas XI di SMA Negeri 7 Banjarmasin.
Sari, D. P. (2021). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Aktivitas Belajar Siswa SD Al-Washliyah 25 Medan Marelan (Doctoral dissertation).
Sainul, A. (2018). Konsep Keluarga Harmonis dalam Islam. Jurnal AL-MAQASID: Jurnal Ilmu Kesyariahan dan Keperdataan, 4(1), 86-98.
Sumakul, Y., & Ruata, S. (2020). Kesejahteraan psikologis dalam masa pandemi COVID-19. Journal of Psychology Humanlight, 1(1), 1-7.
Sarosa, S. (2021). Analisis data penelitian kualitatif. Pt Kanisius.
Sari, L. S. P., Oktavianti, I., & Kironoratri, L. (2023). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Motivasi Belajar Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1153-1159.
Saefudin, W. (2019). Mengembalikan Fungsi Keluarga. Ide Publishing.
Setiawati, R. (2020). Kesehatan Mental Perspektif M. Bahri Ghazali (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung)
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitaif, kuantitatif, dan R&D. In Bandung: CV Alfabeta
Septia, N. I., & Kamal, N. (2023). Kesehatan Mental Dan Ketenangan Jiwa Kajian Psikologi Agama. JIS: Journal Islamic Studies, 1(2), 212-221.
Sinthania, N. D., & Kep, M. (2022). Sejarah, Konsep Dasar Dan Ruang Lingkup Kesehatan Mental. Kesehatan Mental (Teori dan Penerapan), 1.
Wulandari, D., & Fauziah, N. (2019). Pengalaman remaja korban broken home (studi kualitatif fenomenologis). Jurnal Empati, 8(1), 1-9.
Yuli, Y. (2020). Perilaku Sosial Anak Remaja Yang Menyimpang Akibat Broken Home. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 47-50.