PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN SMART BOARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI 17 KOTA LUBUKLINGGAU

  • Tarisa Putri Universitas PGRI Silampari
  • Novianti Mandasari Universitas PGRI Silampari
  • Tidi Maharani Universitas PGRI Silampari
Keywords: Problem Based Learning, Smart Board,Terhadap Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Smart Board terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 17 Lubuklinggau tahun 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest countrol group design. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas III SD Negeri 17 Lubuklinggau. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas III.A dengan jumlah 28 siswa dan kelas III.B dengan jumlah 29 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  hasil tes yang diberikan sebelum pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning (PBL) berbantuan smart board menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada eksperimen sebesar 36,03 sedangkan hasil tes sebelum pembelajaran pada kelas kontrol menunjukkan nilai rata-rata sebesar 41,75. Kemudian untuk hasil tes yang diberikan setelah pembelajaran menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 78,20 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-ratanya sebesar 68,46. Sedangkan hasil perhtiungan uji-t test polled varians diperoleh  sebesar 10,04 dan dibandingkan dengan nilai  sebesar 2,00 dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa  sehingga  diterima dan  ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan smart board terhadap hasl belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 17 Lubuklinggau tahun pelajaran 2023/2024.

References

A.Oktavia , S. (2020). Model- Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Anggraini, P, D & Wulandari, s. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Administrasi dan Perkantoran.
Asitini, N, W., Kadek, N., & Purwati, R. (2020). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains.
Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoritis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam). Tarbawy: Indonesian Journal Of Islamic Education.
Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung ; PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Armin, R, & Purwanti, WH. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Papan Cerdas Prkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas II SD Negeri 75 Buton: Jurnal Akademik Pendidikan Matematika.
BatuBara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing.
Bloom, Benjamin S. (1956). Taxonomy Of Educational Objectives : The Classification Of Educational Goals, Handbook I Cognitiv Domain. New York : Longmans, Green and Co
Dina, Okviyoandra. (2019). Pengembangan Media Pakapindo. Kalimantan: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia.
Dwi Utami Riska. (2019). Pengaruh Pembelajarn Matematika Realistik Dengan Media Papan Takalintar (Tabel Kalipintar) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi: Universitas Muhamadiyah Magelang.
Ety, M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Padang: Jupendas
Gusnarib, W, Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Indramayu : CV Adanu Abimata.
Handayani, R,H, & Muhammadi, M. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Melatih Higher Order Thingking Skill Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Harjanto. (1997). Perencanaan Pengajaran. Cetakan Pertama. Jakarta : PT Rineka Cipta
Haryadi, R, Widodo. (2020). Pemilihan Media Pemeblajaran Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar: Jurnal Pendidikan Online Turki Teknologi.
Henny, E. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Jaringan Tumbuhan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Hermawan. (2019). Metedeologi Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method). Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.
Ibda, H. (2022). Belajar dan pembelajaran Sekolah Dasar: Fenomena, Teori, dan Impelementasi. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Isroatun & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta : PT Bumi Askara.
Juanda R. (2017). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan.
Kristiani, D, Julia, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model 4-D Untuk Kelas Inklusi Srbagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Aceh : Jurnal Maju
Maghfi, U, Suyadi S (2020). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Papan Pintar (smard board). Mojokerto : Jurnal Program studi PGRA
Mandasari, N, Setia, R & Darsi H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Suka Menang: Silampari Sains dan Pendidikan
Marsinah, EN, Aripin, I.,& Gaffar, AA. (2019). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Majalengka: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Mashuri, S. (2019). Teori dan Aplikasi Pembelajaran Terpadu. Solo : CV Budin Utama
Nugraha, Sudiatmi & Suswandari. (2020). Studi Pengaruh Berani Belajar Terhadap Hasil Belajar. Mataram : Jurnal Inovasi Pendidikan.
Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013. Jakarta : Dapartemen Pendidikan dan Kebudayaan
Prasetyo B. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Aplikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Putri, BBA, Muslim, A, & Bintaro, TY. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatoi FKIP UNMA.
Riduwan. (2019). Belajar Mudah Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Rohani. (2019). Media Pembelajaran. Sumatra Utara: Diklat.
Rosalina, Kasriman. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Papan Pintar. Majalengka : Jurnal Cakrawala Pendas.
Rosidah, C. T. ( 2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Menumbuhkembangkan Higher Order Thingking Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Iventa
Salima H. (2019). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.
Setyorini, Wulandari. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran, Fasilitas dan Lingkungan Belajar. Surabaya : Jurnal PROFIT.
Shadiq, Fadjar. (2014). Pembelajaran Matematika: Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Soejadi. (2003). Pembelajaran Matematika Realistik: Universitas Negeri Surabaya.
Sudjana. (2006). Metode Statistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Wahab, R. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Yasa, Bhoke. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. NTT : Journal Of Education Technology.
Yesi, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Magic Addition Machine Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD Negeri Kaur. Bengkulu : E- Repostory Perpustakaan.
Zairida, dkk. (2019). Pengembangan Media Pakapindo (Papan Kantong Pintar Doraemon) Pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MA Raudhatussyuban. Vol. 2. NO. 2 November 2019.
Published
2024-08-12