PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURES TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DONGENG FANTASI DI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 LUBUKLINGGAU

  • Yogiansyah Pratama Universitas PGRI Silampari
  • Agung Nugroho Universitas PGRI Silampari
  • Sri Murti Universitas PGRI Silampari
Keywords: Picture and Pictures , Menulis teks dongeng fantasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tuntas atau tidaknya hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran picture and pictures terhadap kemampuan menulis teks dongeng fantasi di siswa kelas VII SMP Negeri 7 Lubuklinggau. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 7 Lubuklinggau Tahun pelajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII.2 SMP Negeri 7 Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Pada teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis uji-t. Hasil penelitian ini setelah diterapkan model pembelajaran picture and pictures dapat menuntaskan hasil belajar siswa dalam materi menulis teks dongeng fantasi di siswa kelas VII SMP Negeri 7 Lubuklinggau. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata pretest sebesar 48,12 dan nilai postest 71,43. Data tes yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-t diperoleh thitung (10,094)> ttabel (2,0395) untuk taraf signifikan 5%. Hal ini bearti Ho ditolak dan Ha diterima, dengan kata lain hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and pictures secara signifikan dapat menuntaskan kemampuan siswa dalam menulis teks dongeng fantasi di siswa kelas VII SMP Negeri 7 Lubuklinggau.

References

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoritis-Kritis atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam). Tarbawy , 22.
Dalman. (2020). Keterampilan Menulis. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Dewi, I. A., Triyadi, S., & Setiawan, H. (2021). Penggunaan Media Line Webtoon Dalam Pembelajaran Menulis Teks Dongeng Fantasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Purwasari. JDPP , 105.
Nafi'ah, S. A. (2018). Model-model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Naim, N. (2017). Proses Kreatif Penulisan Akademik. Tulung Agung: Akademia Pustaka.
Nurgiyantoro, B. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta.
Putri, F. R., Thahar, H. E., & Arief, E. (2018). Struktur dan Kebahasaan Teks Dongeng Fantasi Karya Siswa Kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 26.
Rozak, A., & Juwanda. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Bermedia Audio Visual Dalam Pembelajaran Menulis Teks Dongeng Fantasi Pada Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 67.
Shoimin, A. (2020). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Suandi, N., Sudiana, N., & Nurjaya, G. (2018). Keterampilan Berbahasa Indonesia. Depok: Rajawali Pers.
Tarigan, H. G. (2018). Menyimak Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Utomo, Y. E., Nugroho, A. S., & Listyarini, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Pictures Terhadap Kemampuan Menulis Karangan. Mimbar PGSD Undiksha .
Published
2024-12-31