Pengembangan LKPD Menelaah Unsur Surat Dinas Berbasis Pendekatan CTL Pada Siswa Kelas VII MTs Mazro’illah Lubuklinggau
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan LKPD menelaah unsur surat dinas berbasis pendekatan CTL. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu model pengembangan ADDIE yang digunakan untuk melakukan penilaian terhadap LKPD menelaah unsur surat dinas berbasis pendekatan CTL. Subjek penelitian adalah siswa MTs Mazro’illah, tepatnya kelas VII 4. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara dan angket. Sedangkan teknik analisis data adalah uji kevalidan dan uji kepraktisan. Hasil penelitian membuktikan bahwa LKPD menelaah unsur surat dinas berbasis pendekatan CTL valid dan praktis. Validasi media memperoleh nilai V rata-rata 0,72, validasi bahasa memperoleh nilai V rata-rata 0,87 dan validasi materi memperoleh nilai V rata-rata 0,92. Sedangkan pada persentase kepraktisan memperoleh 94,38 dengan kategori sangat praktis. Simpulan dari penelitian ini yaitu LKPD menelaah unsur surat dinas berbasis pendekatan CTL dapat dijadikan sebagai salah satu sumber belajar.
References
Al-tabany, Tri, Ibnu, Badar. (2020). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Pogresif, Dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Arsyad. A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hamzah, Amir. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research & Development. Malang: Literasi Nusantara Abadi.
Huliatunisa, Y. (2022). Dasar Pengembangan Kurikulum. Jawa Barat: CV Jejak, Angota IKAPI.
Irsalina, A, Dwningsih, K. (2018). Analisis Kepraktisan Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Blended Learning Pada Materi Asam Basa. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia, 3(3), 173-174.
Karyaningsih, P. D. (2018). Korepondensi Surat Bisnis dan Dinas. Yogyakarta: Samudra Biru.
Koerniawati, T. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Team Asisted Individualization (TeAsslnd) Berbantu LKPD untuk Pemecahan Masalah Jarak Ruang Dimensi Tiga. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata.
Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.
Mikyal & Iqbal, M. (2017). Kemampuan Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Banda Aceh Menelaah Unsur-Unsur Surat Dinas.
Mudrika, S., dkk. (2021). Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Teori dan Implementasi.: Jawa Tengah: Pradina Pustaka
Mulyasingsih, I. (2012). Terampil Surat Menyurat. Yogyakarta: AYYANA.
Nana. (2019). Pengembangan Bahan Ajar. Tasikmalaya: Lakeiha.
Okpatrioka. (2023). Reseach And Development Penelitian Yang Inovatif dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Budaya. 1(1), 89.
Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Purba, P. K., Siregar, R. S., Purba, D.S., Iman, A., Purba, S., Rahim, R., Chamidah, D., Simarmata, J. (2021). Kurikulum dan Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Rohmad. (2017). Pengembangan Instrumen Evaluasi dan Penelitian. Yogyakarta: Kalimedia.
Rozak, A, Darmadi, Murtafi’ah, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sasa-Aura untuk Meningkatkan Prestasi Peserta Didik SMK Cendekia Madiun Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 18(1), 37.
Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung Alfabeta.
Suhadi & Kusmiatun, A. & Pujiono, S. (2016). Menulis Surat Dinas. Yogyakarta: LPPMP Universitas Negeri Yogyakarta.
Shobirin, M, Rusilowati, A. (2013). Penembangan Lembar Kerja Siswa Bahasa Iggris Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter. Jurnal Of Primary Education. 2(2).64.
Tegeh, M. & Jampel, N. & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wibawa, S. G. I. & Budhawati, N. P. U. & Zaenab, S. & Okta, A. A. G. (2020). Teknologi Informatika dengan Pendekatan Kontekstual. Zifatwa Jawara.
Winataputra, Udin S. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja.
Yusuf, M. & Ichan R, N. & Karim, A. (2019). Komunikasi Bisnis. Medan: CV.Manhaji Medan.