PENGEMBANGAN LKPD MENGIDENTIFIKASI TEKS PERSUASI BERBASIS LITERASI SAINS DI SISWA KELAS VIII SMP IT AN-NIDA LUBUKLINGGAU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis literasi sains. Menguji kevalidan, kepraktisan LKPD pada pembelajaran mengidentifikasi teks persuasi berbasis literasi SMPIT An-Nida Lubuklinggau. Jenis penelitian ini Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli bahasa, ahli materi, ahli desain dan angket kepraktisan guru dan siswa. Berdasarkan hasil validitas LKPD penilaian ahli bahasa, ahli materi, ahli desain menunjukkan bahwa LKPD mengeidentifikasi teks persuasi berbasis literasi sains memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 0,87 dikategorikan valid. Sedangkan analisis penilaian LKPD kepraktisan pendidik dan peserta didik diperoleh bahwa LKPD memenuhi kriteria praktis dengan skor 88,6% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD mengidentifikasi teks persuasi berbasis literasi sains terbukti valid, praktis untuk digunakan.
References
Suyono, dkk. (2019). Peran Literasi dalam Meningkatkan MInat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol 6, No 3)
Asniati, M. (2019). Pengembangan Instrumen Soal Literasi Sains Berbasis Google Form untuk Siswa SMP pada Materi Kalor. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Rahmawati, E. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Sisw Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. 3 (1), 347.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya
Nareswari, N. L. P. S. R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). Belajar Matematika dengan LKPD Berbasis Kontekstual. Mimbar Ilmu, 26(2)
Sukmadinata, N. S. (2009). Research and Development (R&D).