PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS SURAT DINAS BERBASIS CLIL (CONTENT AND LANGUAGE INTEGRATED LEARNING) PADA SISWA KELAS VII SMP N 11 LUBUKLINGGAU

  • Winda Yuliani Universitas PGRI Silampari
  • Rudi Erwandi Universitas PGRI Silampari
  • Dian Ramadan Lazuardi Universitas PGRI Silampari
Keywords: Bahan Ajar, Menulis, Surat Dinas, CLIL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menulis surat dinas berbasis CLIL. Metode penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE  digunakan untuk melakukan penilaian terhadap bahan ajar menulis surat dinas berbasis CLIL. Populasi dan sampel atau subjek penelitian adalah siswa-siswi SMP N 11 Lubuklinggau , tepatnya pada kelas VII3. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket. Sedangkan Teknik analisis data adalah uji kevalidan dan uji kepraktisan. Hasil penelitian membuktikan bahwa bahan ajar menulis surat dinas berbasis CLIL tergolong valid dan praktis dengan angka kevalidan berjumlah 0,77 dan persentase kepraktisan berjumlah 95%. Simpulan dari penelitian ini adalah bahan ajar menulis surat dinas berbasis CLIL dapat dijadikan salah satu sumber belajar yang dapat digunakan dalam menulis surat dinas.

References

Azwar, S. (2007). Tes Prestasi: Fungsi Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Emzir. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitati. Jakarta: Rajawali Pers.
Hanum, F. (2016). Pedoman Lengkap Membuat Karya Tulis Penelitian & Nonpenelitian Untuk Guru Guna Menaikkan Pangkat & Golongan Profesi Guru. Yogyakarta: Araska.
Imaniah Kusuma Rahayu, S. R. (2022). Biografi Sastrawan Lokal dalam Pembelajaran Teks Biografi untuk Peserta Didik SMA. Jurnal Sinestesia, Vol. 12, No. 2 , 744-745.
Khulsum, U.,& dkk. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Media Storyboard Pada Kelas X SMA.Diglosia , 5.
Kurniawati, R. (2019). Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Bahasa Indonesia. Jakarta Barat: Graf Literatur.
Lia Pradilasari, A. G. ( 2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis audio visual pada materi koloid untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) , 10.
Magdalena, & dkk. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial , 2 (2), 311-326.
Nadia, F. dan Sugihastuti. (2018). Surat Dinas Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurkhin, A. (2014). Strategi Content and Language Integrated Learning (CLIL) Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Akuntansi Biaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan , 9 (2), 130 - 147.
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian , 1 (5), 967-973.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.
S, Z. A., & Setianingsih, R. (2017). Penerapan Pendekatan Content and Language Integrated Learning (CLIL) Pada Materi Lingkaran Di Kelas VIII SMP. jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika , 3 (6).
Sa’diyah, H.,& dkk. (2020). Model Research And Development Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. El Banat , 20 (1), 42-173.
Sri Latifa, A. U. (2019). Pengembanga Bahan Ajar Interaktif Berbasis Media Sosial Schoology. Indonesia Journal of Science and Mathematics Education , 38-39.
Suardi. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Suhardi & dkk. (2016). Menulis Surat Dinas.Yogyakarta: K-Media.
Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Supardi. (2020). Landasan Pengembangan Bahan Ajar. Mataram: Sanabil.
Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2024-07-14