PELATIHAN PENINGKATAN KBI BIDANG PARAGRAF TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH KABUPATEN BENGKULU TENGAH
Abstract
Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini untuk meningkatkan Kemahiran Berbahasa Indonesia bidang Paragraf bagi Tenaga Administrasi Sekolah di Kabupaten Bengkulu Tengah. Kegiatan dilaksanakan di Aula Hotel Balai Sindu Bengkulu Tenga pada hari Kamis, 06 April 2023, Pukul 08.00 – 15.00 WIB. Peserta kegiatan sebanyak 50 orang yang berasal dari 50 sekolah. Kegiatan dilakukan narasumber menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi terpimpin secara interaktif serta presentasi materi paragraf dan dilanjutkan latihan menulis paragraf bahasa Indonesia. Target pencapaian, terjadinya perubahan pola pikir (mindset) sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam menyusun paragraf bahasa Indonesia peserta tenaga adminstrasi sekolah di Kabupaten Bengkulu Tengah. Hasil kegiatan PkM bahwa terjadi peningkatan, khususnya perubahan mindset sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam Kemahiran Berbahasa Indonesia bidang paragraf pada tenaga administrasi sekolah di Kabupaten Bengkulu Tengah. Hal ini dapat dilihat dari (1) perubahan pola pikir (mindset) sikap tenaga administrasi sekolah dalam mengikuti kegiatan, (2) perubahan pengetahuan dalam memahami konsep paragraf yang benar, khususnya unsur persyaratan paragraf; tema, kalimat utama, kalimat penjelas, dan penanda kebahasaan dan (3) perubahan keterampilan dalam mempraktikkan cara menulis paragraf sesuai ketentuan hingga dapat mewujudkan paragraf bahasa Indonesia yang benar, dan (4) perubahan aktivitas peserta secara lebih baik. Aktivitas peserta menunjukkan semangat antusiasme, bermotivasi baik, dan bekerjasama serta mewujudkan paragraf melalui berdiskusi dan bertanya kepada narasumber melalui partisipasi aktif. Hasil PkM ini diharapkan dapat ditindaklanjuti dengan pelatihan menulis surat resmi bagi tenaga administrasi sekolah
References
Arifin, E. Zaenal dan Tasai, S. Amran. 2006. Cermat Berbahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo.
Arsjad, Maidar G., dan Mukti U.S. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: BPDPB Kemdikbud.
Ermanto dan Emidar. 2018. Bahasa Indonesia: Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Depok: PT RajaGrafino Persada.
Jumariam (peny). 2000. Petunjuk Praktis Berbahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, Depdiknas.
Moeliono, Anton M., dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (Edisi Keempat). Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud.
Fathurrohman, Pupuh dan Suryana, Aa. 2012. Guru Profesional. Bandung: PT. Reflika Aditama.
Mustakim dkk (Pengembang). 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: BPPB-Kemdikbud.
Rohmadi, Muhammad, Sugiri, Eddy, dan Nugraheni, Aninditya Sri. 2014. Belajar Bahasa Indonesia; Upaya Terampil Berbicara dan Menulis Karya Ilmiah. Surakarta: Cakrawala Media.
Santoso, Puji dan Muhammad Jaruki. 2016. Mahir Berbahasa Indonesia; Baik, Benar, dan Santun. Bandunga: Remaja Rosdakarya.
Sasangka, S.S.T.W. 2015. Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia: Kalimat. Jakarta: Pusat Pembinaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, kemdikbud.
Suladi. 2015. Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia: Paragraf. Jakarta: Pusat Pembinaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, kemdikbud.
Supriyadi. 2013. Strategi Belajar dan Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Jaya Ilmu.
Yaumi, M. 2018. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi.Jakarta: Prenadamedia Group.
Yulistio, Didi. 2013. Bahasa Indonesia: Kemampuan Berbahasa Indonesia Untuk Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Be