SOSIALISASI PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI ANAK JALANAN DI KABUPATEN REJANG LEBONG
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dilakukannya pengabdian kepada masyarakat ini yaitu untuk mensosialisasikan pentingnya pendidikan bagi anak jalanan di Kabupaten Rejang Lebong. Metode yang digunakan di dalam melaksanakan kegiatan ini yaitu melalui tahapan: perencanaan dan persiapan, pelaksanaan kegiatan, dan monitoring dan evaluasi. Berdasarkan hasil PKM diketahui bahwa masyarakat mulai memahami bahwa setiap anak, termasuk anak jalanan, berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Keterlibatan aparat pemerintahan dalam kegiatan sosialisasi memberikan dampak positif yang signifikan. Melalui sesi konseling individu dan kunjungan ke rumah, banyak anak jalanan dan keluarga mendapatkan informasi yang lebih personal dan spesifik tentang manfaat pendidikan. Kegiatan sosialisasi tentang pentingnya pendidikan bagi anak jalanan di Kabupaten Rejang Lebong telah berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pendidikan.
Kata kunci: sosialisasi, anak jalanan, Rejang Lebong
References
Amka. (2019). PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KALIMANTAN SELATAN. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 86–101. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1234
Fetriani, F., Zulyan, Z., Hasibuan, M. ., Saputra, E. ., & Qurniati, A. . (2022). PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI ANAK JALANAN . Batara Wisnu : Indonesian Journal of Community Services, 2(1), 68–71. https://doi.org/10.53363/bw.v2i1.69
Husna, F., Yunus, N. R., & Gunawan, A. (2019). Hak Mendapatkan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Dimensi Politik Hukum Pendidikan. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i, 6(2), 207–222. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v6i1.10454
Lindiawatie, L., & Shahreza, D. (2021). Penyuluhan Literasi Keuangan pada Ibu Rumah Tangga di Depok Sebagai Dasar Membangun Ketahanan Keuangan Keluarga. Warta LPM, 24(3), 521–532. https://doi.org/10.23917/warta.v24i3.13351
Miradj, S & Sumarno. 2014. Pemberdayaan masyarakat miskin melalui proses pendidikan nonformal, Upaya meningkatkan kesejahteraan sosial di kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1) : 102-103
Nasrifah, S. A., & Makhromi. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri 1 Gondang Nganjuk. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 9(3), 335–348. https://doi.org/10.33367/ji.v9i3.1031
Sukmadinata. (2009). Landasan Psikologi dan Proses Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.
Susanto, R., & Pangesti, I. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan terhadap Kemiskinan di DKI Jakarta. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 5(4), 340. https://doi.org/10.30998/jabe.v5i4.4183