PELATIHAN KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA BIDANG EJAAN BAHASA INDONESIA BAGI GURU SMP/MTs DI REJANG LEBONG

  • Didi Yulistio Universitas Bengkulu
  • Agung Nugroho Universitas PGRI Silampari
Keywords: Pelatihan, Kemahiran, Berbahasa, Ejaan Bahasa Indonesia

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk mendeskripsikan perubahan Sikap, Pengetahuan, dan Kemahiran Berbahasa Indonesia bidang Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) bagi guru bahasa Indonesia SMP/MTs di Kabupaten Rejang Lebong. Kegiatan kerjasama Kantor Bahasa dengan Diknas Kab. Rejang Lebong, dilaksanakan Selasa, 9 April 2019, Pukul 09.00—16.15 WIB., di hotel Mutiara Curup dengan peserta sebanyak 42 orang. Kegiatan dengan metode pelatihan melalui ceramah, tanya jawab, dan diskusi terpimpin. Narasumber mempresentasikan materi pedoman umum Ejaan Bahasa Indonesia dan memberikan latihan praktik menggunakan EBI secara benar. Pelatihan dilaksanakan melalui (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, dan (3) tahap evaluasi penggunaan EBI. Hasil kegiatan PkM dapat dikemukakan bahwa telah terjadi perubahan pola pikir (mindset), pengetahuan, dan Kemahiran Berbahasa Indonesia Guru bahasa Indonesia SMP/MTs di Kab. Rejang Lebong dalam menggunakan Ejaan bahasa Indonesia secara tertulis. Hal ini terlihat dari perubahan (1) pola pikir guru dalam menulis kata, kalimat, dan teks pendek telah memperhatikan kaidah Ejaan Bahasa Indonesia secara benar, (2) penguasaan pengetahuan dan kemahiran berbahasa Indonesia guru dalam menerapkan unsur pemakaian huruf, penulisan kata, pemakaian tanda baca, dan penulisan unsur serapan yang sesuai ketentuan (hasil pretes dan postes mengalami peningkatan kategori cukup menjadi tinggi), dan (3) aktivitas guru bahasa Indonesia dalam mengikuti pelatihan menjadi lebih antusias dan bersemangat. Hal ini juga ditunjang dengan bukti relevan hasil jawaban pertanyaan kebermanfaatan menyatakan, bahwa pelatihan Ejaan bahasa Indonesia bermanfaat dan membuka kembali wawasan guru bahasa Indonesia.

References

Akhadiah, Sabarti, Arsjad, Maidar G., dan Ridwan, Sakura. 1999. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Alwi, Hasan dkk. 1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Arifin, E. Zaenal dan Tasai, S. Amran. 2006. Cermat Berbahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo.
Arsjad, Maidar G., dan Mukti U.S. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Fathurrohman, Pupuh dan Suryana, Aa. 2012. Guru Profesional. Bandung: PT. Reflika Aditama.
Jumariam (Penyunting). 2000. Petunjuk Praktis Berbahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, Depdiknas.
Moeliono, Anton M., dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (Edisi Keempat). Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud.
Mustakim dkk (Pengembang). 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: BPPB Kemdikbud.
Rohmadi, Muhammad, Sugiri, Eddy, dan Nugraheni, Aninditya Sri. 2014. Belajar Bahasa Indonesia; Upaya Terampil Berbicara dan Menulis Karya Ilmiah. Surakarta: Cakrawala Media.
Santoso, Puji dan Muhammad Jaruki. 2016. Mahir Berbahasa Indonesia; Baik, Benar, dan Santun. Bandunga: Remaja Rosdakarya.
Suladi. 2014. Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia: Paragraf. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, kemdikbud.
Supriyadi. 2013. Strategi Belajar dan Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Jaya Ilmu.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep, Landasan Teoretis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Yaumi, Muhammad. 2017. Prinsip-Prinsip Desain Pembejaran; Disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Penerbit Kencana.
Published
2024-12-24