PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTON PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 1 KELAS V SD NEGERI 41 LUBUKLINGGAU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk pembelajaran berupa media digital video animasi berbasis powtoon pada pembelajaran tema 1 kelas 5 di SD Negeri 41 Lubuklinggau yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini yaitu research and development (R & D) dengan model pengembangan yang digunakan ADDIE. sampel penelitian atau objek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 6 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kualitas media digital video animasi berbasis Powtoon dilihat dari aspek kevalidan termasuk dalam kategori valid dengan persentase skor 88,73%, 2) Kualitas media digital video animasi berbasis Powtoon dilihat dari aspek kepraktisan dikategorikan praktis respon siswa kelompok kecil dengan nilai persentase skor . Sehingga dapat disimpulkan bahwa media digital video animasi berbasis Powtoon pada tema 1 organ gerak hewan dan manusia memenuhi kriteria valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.
References
Aqib, Z., & Amrullah, A. (2019). Manajemen Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Referensi
Arifin, Zaenal. (2017). Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian. Magalengka: Jurnal THEOREMS2 (1), 30
Awalia, Izomi., dkk. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Banten: Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 10 (1)
Ayu, D.G., Triwoelandari, R., Fahri, M. (2019). Media Pembelajaran Powroon Terintegrasi Nilai-Nilai Agama Pada Pembelajaran IPA Untuk Mengembangkan Karakter. Bogor: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(2), 66
Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar. Serang: Laksita Indonesia
Churri, M. A & Agung, Y. A. (2013). Pengembangan Materi Dan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan Teknik Audio Video Untuk Smk Negeri 7 Surabaya. Surabaya: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2), 805
Ernalida, dkk. (2018). Powtoon Media Berbasis Teknologi Informasi Sebagai Upaya Dalam Menciptakan Pembelajaran Yang Menarik Dan Kreatif. Palembang: Jurnal Logat, 5 (2), 134
Falahudin, Iwan. (2014). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran. Jakarta: Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1 (4), 108
Hannafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Banten: Jurnal Kajian Keislaman, 4 (2), 130
Ilahi, L.R. & Desyandri. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Powtoon di Kelas III Sekolah Dasar. Padang: Jurnal Of Besic Education Studies, 3(2)
Jannah, R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Mobile Learning Dengan Menggunakan Adobe Flash Cs 6 Siswa Kelas XI MAN 2. Padang: Jurnal Natural Science, 3(2) 433
Kadir, Abd & Asrohah, Hanun. (2014). Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Lestari, Novita Dwi., dkk. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunkan Powtoon Untuk Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Bandung: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3 (3), 34
Majid, A. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: : PT Remaja Rosdakarya
Nuswantoro, Dimas & Wicaksono. V. D. (2019). PENGEMBANGAN Media Video Animasi Powtoon “Hakan” Pada Mata Pelajaran PPkn Materi Hak Dan Kewajiban Siswa Kelas IV SDN Lidah Kulon IV Surabaya. Surabaya: Jurnal JPGSD, 7 (4), 3163
Pangestu, M, D., Wafa, A, A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Powtoon Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Kebijakan Moneter Untuk Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Singosari. Malang: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1) 78
Ponza, P. J. R., Jampel, N., Sudarma, K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar.Singaraja: Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6 (1) 11
Ramli, M. (2012). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Press
Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT Raja Grafindo Perdana
Saputro, Budiyono. 2017. Manajemen Penelitian Pengembangan (Research &Development). Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Sugiyono. (20190. Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research And Development/ R&D). Bandung: ALFABET
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajarsn Daln Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Yogyakarta: Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2) 103
Tirtoni, Feri. (2018). Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Sidoarjo: UMSIDA PRESS
Wahyuni, Hermin Tri., dkk. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD. Malang: Jurnal Edcomtech, 1(2), 129
Wiyani, Novan Ardy. (2013). Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: AR RUZZ MEDIA