PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTON PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 1 KELAS V SD NEGERI 41 LUBUKLINGGAU

  • Dea Safira STKIP PGRI LUBUKLINGGAU

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk pembelajaran berupa media digital video animasi berbasis powtoon pada pembelajaran tema 1 kelas 5 di SD Negeri 41 Lubuklinggau yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini yaitu research and development (R & D) dengan model pengembangan yang digunakan ADDIE. sampel penelitian atau objek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 6 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kualitas media digital video animasi berbasis Powtoon dilihat dari aspek kevalidan termasuk dalam kategori valid dengan persentase skor 88,73%,  2) Kualitas  media digital video animasi berbasis Powtoon  dilihat dari aspek kepraktisan dikategorikan praktis respon siswa kelompok kecil dengan nilai persentase skor . Sehingga dapat disimpulkan bahwa media digital video animasi berbasis Powtoon pada tema 1 organ gerak hewan dan manusia memenuhi kriteria valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.

Referensi

Apriansyah, dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi. Jurnal Pendidikan. 9, (1), 12
Aqib, Z., & Amrullah, A. (2019). Manajemen Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Referensi
Arifin, Zaenal. (2017). Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian. Magalengka: Jurnal THEOREMS2 (1), 30
Awalia, Izomi., dkk. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Banten: Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 10 (1)
Ayu, D.G., Triwoelandari, R., Fahri, M. (2019). Media Pembelajaran Powroon Terintegrasi Nilai-Nilai Agama Pada Pembelajaran IPA Untuk Mengembangkan Karakter. Bogor: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(2), 66
Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar. Serang: Laksita Indonesia
Churri, M. A & Agung, Y. A. (2013). Pengembangan Materi Dan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan Teknik Audio Video Untuk Smk Negeri 7 Surabaya. Surabaya: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2), 805
Ernalida, dkk. (2018). Powtoon Media Berbasis Teknologi Informasi Sebagai Upaya Dalam Menciptakan Pembelajaran Yang Menarik Dan Kreatif. Palembang: Jurnal Logat, 5 (2), 134
Falahudin, Iwan. (2014). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran. Jakarta: Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1 (4), 108
Hannafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Banten: Jurnal Kajian Keislaman, 4 (2), 130
Ilahi, L.R. & Desyandri. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Powtoon di Kelas III Sekolah Dasar. Padang: Jurnal Of Besic Education Studies, 3(2)
Jannah, R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Mobile Learning Dengan Menggunakan Adobe Flash Cs 6 Siswa Kelas XI MAN 2. Padang: Jurnal Natural Science, 3(2) 433
Kadir, Abd & Asrohah, Hanun. (2014). Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Lestari, Novita Dwi., dkk. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunkan Powtoon Untuk Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Bandung: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3 (3), 34
Majid, A. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: : PT Remaja Rosdakarya
Nuswantoro, Dimas & Wicaksono. V. D. (2019). PENGEMBANGAN Media Video Animasi Powtoon “Hakan” Pada Mata Pelajaran PPkn Materi Hak Dan Kewajiban Siswa Kelas IV SDN Lidah Kulon IV Surabaya. Surabaya: Jurnal JPGSD, 7 (4), 3163
Pangestu, M, D., Wafa, A, A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Powtoon Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Kebijakan Moneter Untuk Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Singosari. Malang: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1) 78
Ponza, P. J. R., Jampel, N., Sudarma, K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar.Singaraja: Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6 (1) 11
Ramli, M. (2012). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Press
Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT Raja Grafindo Perdana
Saputro, Budiyono. 2017. Manajemen Penelitian Pengembangan (Research &Development). Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Sugiyono. (20190. Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research And Development/ R&D). Bandung: ALFABET
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajarsn Daln Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Yogyakarta: Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2) 103
Tirtoni, Feri. (2018). Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Sidoarjo: UMSIDA PRESS
Wahyuni, Hermin Tri., dkk. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD. Malang: Jurnal Edcomtech, 1(2), 129
Wiyani, Novan Ardy. (2013). Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: AR RUZZ MEDIA
Diterbitkan
2022-05-05