PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KATA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDIQ AR-RISALAH LUBUKLINGGAU

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KATA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDIQ AR-RISALAH LUBUKLINGGAU

  • Indah Wahyu Ningsih Universitas PGRI Silampari
  • Elya Rosalina Universitas PGRI Silampari
  • Aswarliansyah Universitas PGRI Silampari
Keywords: IPA, KArtu KAta, Media

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kartu kata pada pembelajaran IPA kelas V SDIQ Ar-Risalah yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitan yang digunakan yaitu R&D (Penelitian dan Pengembangan) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDIQ Ar-Risalah berjumlah 22 orang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan dan seorang guru kelas V. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes tertulis berupa soal uraian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata validasi (ahli bahasa, ahli materi, ahli media) yaitu 0,88 dengan katagori sangat valid. Hasil analisis kepraktisan (siswa dan guru) 94,04% dengan katagori sangat praktis. Hasil analisis keefektifan N-Gain Score yaitu 0,74 dengan katagori cukup efektif. Berdasarkan hasil penelitian, maka pengembangan media pembelajaran kartu kata valid, praktis dan efektif.

Published
2024-12-31