PENDAMPINGAN LITERASI BERBASIS PEMECAHAN MASALAH DI KELAS V SDN 44 KOTA LUBUKLINGGAU

  • Mareta Widiya Universitas PGRI Silampari
  • Eka Lokaria
  • Aren Frima
  • Sepriyaningsih
Keywords: Pendampingan, Literasi

Abstract

Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini dilakukan di SDN 44 Kota Lubuklinggau, khususnya pada kelas 5. Kegiatan bertujuan untuk menumbuhkembangkan minat baca siswa SDN 44 lubuklinggau agar bisa semangat membaca. Siswa siswi diberikan sosialisasi dan pendampingan membaca dan mengerjakan instrumen tes yang meminta siswa berdiskusi secara berkelompok memecahkan masalah yang terdiri 3-4 orang siswa. Dalam pengabdian pada masyarakat ini ada 5 tahapan metode yang telah dilakukan yaitu observasi,  perencanaan,  pelaksanaan, penerapan,  dan  evaluasi.Hasil dari pengabdian pada masyarakat ini menunjukkan bahwa siswa siswi Kelas 5 SDN 44 Lubuklinggau mengalami peningkatan literasi.Siswa-siswa  juga  mengalami  pengalaman belajar  yang menyenangkan karena mereka juga mempraktikanbahan literasi tersebut di depan kelas. Hal ini juga melatih dan membangun rasa percaya diri siswa sehingga di harapkan nantinya dapat bernilai positif dalam kegiatan belajar mengajar.

References

Akbar, A. (2017). Membudayakan literasi dengan program 6M di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42-52.

Anggi, R., Warlizasusi, J., & Rahmat, J. (2023). Peran Guru Dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Kelas Iii Di Sdn 72 Rejang Lebong (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).

Djoko Saryono, dkk. 2017. Materi Pendukung Literasi Baca Tulis Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Husna, Z. (2020). Pemanfaatan Pojok Baca Kelas Dalam Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah. Ecodunamika, 3(2).

Kusuma, M. W., Larasati, W., Risma, F. V., Sari, N., & Agustin, U. V. S. (2022). Pentingnya penerapan budaya literasi membaca dan menulis terhadap prestasi peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 132-138.

Maula, I., Pangastuti, R., & Nurhayati, I. (2021). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. CV. Azka Pustaka.

Pratiwi, S.H. 2021. Upaya Meningkatkan Literasi Membaca Di Masa Pandemi Melalui Kegiatan Seminggu Sebuku. Fitri Jurnal, Volume 3 Nomor 1. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Langsa E-ISSN 2722-7294 I P-ISSN 2656-5536 27

Sopiyuloh, D. M., Alam, B. R., Purwa, H. A., Herman, T., & Hasanah, A. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Teorema Pythagoras Berdasarkan Langkah Polya Pertama. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 5(1), 182-189.

Tantri, A. A. S. (2015). Cara memaksimalkan kemampuan membaca cepat. Acarya Pustaka: Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi, 1(2).

Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan minat membaca melalui gerakan literasi membaca bagi siswa sekolah dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26-31.
Published
2024-06-28