Pelatihan Pembuatan Vidio Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster bagi Guru Sekolah Dasar Gugus 10 Kecamatan Lubuklinggau Utara II
Abstract
Dengan adanya surat edaran dari pemerintah di Kota Lubuklinggau untuk tidak melaksanakan pembelajaran tatap muka, maka guru-guru dalam menyampaikan materi dengan siswanya dilaksanakan secara daring. Begitu juga untuk guru-guru Sekolah Dasar Gugus 10 Kecamatan Lubuklinggau Utra II yang memiliki 1 sekolah inti dan 4 sekolah imbas juga melaksanakan pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan secara online (dari jaringan), yang mana pelaksanaannya tanpa adanya tatap muka. Melihat kondisi saat ini yang sangat mudah dalam penularan virus covid-19, maka Sekolah Dasar Gugus 10 bersama tim pengusul Pengabdian Kepada Masyarakat mempunyai program yang akan diselenggarakan untuk menyelesaikan kendala yang dialami oleh guru-guru. Terutama untuk guru yang masih kurang dalam pengetahuan mengenai penggunaan media, khususnya pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).Berdasarkan permasalahan yang terjadi pada mitra guru sekolah dasar gugus 10 bersama tim pengusul Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP PGRI Lubuklinggau menyepakati untuk mengadakan pelatihanpembuatan media pembelajaran menggunakan aplikasi Kinemaster dalam pembelajaran daring. Adapun metode yang dilaksanakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini yaitu diawali dari tahap sosialisasi, kemudian ketahap penyampaian materi hingga ketahap pelatihan pembuatan video pembelajaran. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah guru sekolah dasar gugus 10 dapat membuat media pembelajaran berupa video menggunakan aplikasi KineMaster.
References
Kurniawan, Rendra., 2009, Analisis dan Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Web, Institut Teknologi Adhi Tama, Surabaya-Indonesia.
Musfiqon.2012. Pengembangan Media danSumberPembelajaran. Jakarta: PrestasiPustaka.
Hamalik. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta Bumi Aksara.
Sudiarta, I. G. P. & Sadra I. P., 2016, Pengaruh Model Blended Learning berbantuan Video Animasi tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 49 (2): 48-58,