Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Metode Demonstrasi Kelas VIII di SMP IT Almaka Jakarta
Abstract
Tujuan kajian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca Puisi melalui metode demonstrasi di kelas VIII SMPS IT Almaka. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Hasil penelitian didapati metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan membaca puisi siswa dari siklus I dan siklus II. Hasil evaluasi siklus I dari 21 siswa yang berhasil mencapai KKM yaitu sebanyak 5 siswa yaitu 23,81%, dan hasil evaluasi nilai siklus II dari 21 siswa yang berhasil mencapai KKM yaitu sebanyak 16 siswa yaitu 76,19%. Berdasarkan hasil penelitian simpulan penelitian metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas VIII SMPS IT Almaka.
References
Mukrimah, Sifa Siti. 2014. 53 Metode Belajar Pembelajaran. Bandung. Bumi Siliwangi.
Munaf, Yarni. 2002. Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Seni. 3 (2): 241-250.
Alwi Hasan dkk. 1988. Tata Bahasa Baku Indonesia. Edisi Ketiga.Jakarta: Balai Pustaka.
Aprilia, Rahma. 2018. Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Modeling The Way Pada Kelas III MI Muhammadiyah 13 Sendang Lamongan. Skripsi. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Nurhadi. 1987. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru.
Rimang, Siti Suwadah. 2011. Kajian Sastra. Yogyakarta: Aura Pustaka.
Arikunto, S. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Iskandarwassid. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arisma, Olynda Ade. 2012. Peningkatan Minat Dan Kemampuan Membaca Melalui Penerapan Program Jam Baca Sekolah Di Kelas VII Smp Negeri 1 Puri. Skripsi. Malang. Universitas Negeri Malang.
Pandawa, Nurhayati, Hairudin & Sakdiyah M. 2009. Pembelajaran Membaca. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, (Online), (http://www.scribd.com), diakses 26 Juli 2012.
Soedarso. 2004. Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.
Susilowati. 2016. Meningkatkan Kemampuan Dan Keterampilan Siswa Dalam Membaca Puisi Melalui Metode Demonstrasi. Jurnal. Bandung: SDN Karangmulya.
Syamsi, Kastam & Kusmiyatun, Ari. 2006. Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa dengan Pendekatan Proses. Litera, 5 (2): 219-232.
Wiranty, Wiendy. 2017. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Puisi. Jurnal. Pontianak. IKIP PGRI Pontianak