RESPON MAHASISWA TERHADAP BAHAN AJAR ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA UNIVERSITAS PGRI SILAMPARI
Abstract
Adapun tujuan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap bahan ajar Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia Universitas PGRI Silampari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas PGRI Silampari pada mahasiswa semester VI yang mengambil mata kuliah Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia tahun akademik 2022/2023. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan angket. Berdasarkan bagan di atas diketahui skor maksimal diperoleh 75, dan skor minimal adalah 61. Berdasarkan perhitungan angket respon didapatkan skor rata-rata dengan angka 67,07. Jika dikonversikan ke tabel maka angka 67,07 berada di kategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa respon mahasiswa terhadap bahan ajar Bahasa Indonesia mendekati angka maksimal. Berdasarkan hasil angket respon terhadap bahan ajar Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia, dapat disimpulkan bahwa respon mahasiswa terhadap bahan ajar adalah sangat baik dengan persentase 83,8%.
References
Lazuardi, D. R., Hamzah, S., & Nugroho, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Membaca Permulaan pada Anak PAUD Himatul Ilmi Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 35–45. https://doi.org/10.33369/jip.7.1.35-45
Prastowo, Andi. 2021. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
Pribadi&Putri.2021. Pengembangan Bahan Ajar. Banten: Universitas Terbuka