EFEKTIVITAS BAHAN AJAR MENULIS BERBASIS PENDEKATAN PRODUK BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

  • Sri Murti Universitas PGRI Silampari
  • Nyayu Masnon AR Universitas PGRI Silampari
  • Heriyanti Universitas PGRI Silampari
  • Riko Ettrada Sekolah Dasar Negeri 2 Lubukngin

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan bahan ajar menulis berbasis pendekatan produk siswa SD N 2 Lubukngin. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 2 Lubukngin yang berada di Desa Lubukngin Kecamatan Selangit Kabupaten Musirawas. Penelitian ini menggunakan model pengembangan R&D (research and development) untuk mengembangkan handout bahasa Indonesia. Intrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, dan teknik tes. Pengembangan bahan ajar menulis berbasis pendekatan produk melalui tahapan-tahapan diantaranya, yaitu tahap menganalisis, tahap mengembangkan, tahap evaluasi dan revisi. Pengembangan bahan ajar menulis berbasis pendekatan produk model pengembangan Dick and Carey dengan 8 tahapan. Dari hasil uji keefektifan maka bahan ajar menulis berbasis pendekatan produk cukup efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, dengan persentase sebesar 56% berada pada kategori Cukup Efektif.

Referensi

Kosasih,E. 2020. Pengembangan Bahan Ajar.Jakarta: Bumi Aksara.
Kristiyani, Ary. 2018. Menulis Faktual dalam Prespektif Multiliterasi. Yogyakarta:UNY Press.
Lazuardi, D. R., Hamzah, S., & Nugroho, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Membaca Permulaan pada Anak PAUD Himatul Ilmi Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 35–45. https://doi.org/10.33369/jip.7.1.35-45
Pribadi&Putri.2021. Pengembangan Bahan Ajar. Banten: Universitas Terbuka.
Sugiyono.2013. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zainurrahman, SS. 2011. Menulis: dari Teori Hingga Praktik.Bandung: Alfabeta.
Diterbitkan
2024-01-23
Bagian
Articles