PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMTING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT DINAS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI B SRIKATON

  • Suni Dwi Cahyani Universitas PGRI Silampari
  • Agung Nugroho Universitas PGRI Silampari
  • Sri Murti Universitas PGRI Silampari
Keywords: Model Pembelajaran, Probing Promting, Surat Dinas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Probing Promting secara signifikan dapat menuntaskan kemampuan menulis surat dinas siswa kelas VII SMP Negeri B Srikaton. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi exsperiment (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 225 siswa dan  sampel atau subyek penelitian  ini adalah kelas VII 2 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung 8,805 dan Sig (2-tailed) 0,000 ˂ 0,05. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Probing Promting secara signifikan dapat menuntaskan kemampuan menulis surat dinas pada siswa kelas VII SMP Negeri B Srikaton.

References

Ahyana. (2020). Kemampuan Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VII B SMP Negeri 12 Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra. 5(3), 1-11.
Alwasilah, C. A. & Alwasilah, S. S. (2013). Pokoknya Menulis. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.
Amin. & Sumendap, S. Y. L. (2022). Model Pembelajaran Kontemporer. Bekasi: Pusat Penerbitan LPPM.
Darmawati, U. (2018). Surat-Surat Dinas. Klaten: PT Intan Pariwara.
Dimyati, M. (2022). Metode Penelitian Untuk Semua Generasi. Jakarta: UI Publishing.
Huda, M. (2013). Model- model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Istiningsih, G., Minchah, E., & Priharlina, E. (2018). Pengembangan model pembelajaran promister untuk meningkatkan hasil belajar wayang pandhawa pada siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah PGSD, 94-102.

Mutmainnah, S., Ali, M., & Napitupulu, D. (2013). Penerapan Teknik Pembelajaran Probing Promting Untuk Meningkatkan Hasil Belaar Fisika Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri I Banawa Tengah, 2(1) : 38-43.
Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Octavia, A. S. (2020). Model-Model Pembelajaran. Sleman: CV Budi Utama.
Purwanto, D. (2007). Korespondian Bisnis Modern. Jakarta: Erlangga.
Salhuteru, J., Rumahura, O., Kinama, L., & Amanukuany, R. (2023). Model- model pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan DIDAXEI, 4(1) : 537.
Sardila, V. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi dan Autobiografi: Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pemikiran Islam, 40(2) : 112.
Setiawati, D. A. O., Sudiarta, I. G. P., & Ardana, I. M. (2019). Pengaruh Modep Pembelajaran Probing Promting Berbantuan Index Card Match Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sukasada. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(1) : 71-81.
Sriyanto. (2018). Penggunaan Bahasa Indoensia Dalam Surat Dinas. Depok: Pusdiklat Pegawai Kemendikbud.
Tarigan, G. H. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Utami, D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Probing Promting dalam Pembelajaran Mengabstraksi Teks Negosiasi pada Siswa Kelas X SMA/MA. Jurnal Riksa Bahasa, 2(2) : 152.
Published
2024-12-31