PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR NASKAH DRAMA DI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 LUBUKLINGGAU
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran audio visual secara signifikan dapat menuntaskan kemampuan mengidentifiaksi naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Lubuklinggau. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi experiment (eksperimen semu) dan pendekatan deskrektif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 7 Lubuklinggau kelas Tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 7 Lubuklinggau. Metode pengumpulan data menggunakan metodetes.Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilaithitung 0,33t tabel 8,696 untuk taraf signifikan 5% dengan kriteriathitung>ttabelhal ini berarti Ho ditolakdan Ha diterima. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran audio visual secara signifikan tepat pada hasil belajar materi naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Lubuklinggau.
Referensi
Ahmadi, &Lisapaly, D. (2022).EfektivitasPembelajaran Daring di Tengah Badai Covid-19. Bandung: Media Sains Indonesia.
Amaludin, L. (2021). Model Pembelajaran Problem Base Learning PenerapanPengaruhTerhadapKeterampilanBerfikirdanHasilBelajar.Tanggerang: Pascal Books.
Arsyad, A. (2020). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Fadhilah, & dkk. (2021). Teka-Teki Bermain Drama. Yogyakarta: Gueepedia.
Hemawati,&dkk. (2022). Pengembangan Media PembelajaranPendidikan Agama Islam. Medan: MerdekaKreasi.
Karlina, H. (2017). Penggunaan Media Audio Visual UntukMeningkatkanKemampuanMenulisNaskah Drama.JurnalLiterasi, 29.
Koasih, &Kurniawan, E. (2019).22 JenisTeks. 177: Bandung.
Marsifah, A., Munirah, S., Cahyani, R. A., &Fauziyah, H. D. (2023).Media InteraktifPembelajaran IPAS. Semarang: CahayaGhani Recovery.
Ningsih, O. S. (2022). Peranan Media Audio ViualDalamMeningkatkan Proses danHasilBelajarMengajarPendidikan Agama Islam Di SekolahDasar.JurnalPendidikanProfesi Guru Agama Islam, 283.
Nur'aeni, L. A., Sholihah, N. R., Riandi, &Widodo, A. (2022).AnalisisInovasi Media GambarPadaMateriKeanekaragamanHayatiMenggunakanAplikasiInaturalist.JurnalIlmiahPendidikanBiologi, 137.
Nurul, A., Vanissa, A., Fajar, A., &Widya, S. (2021). TekaTekiBermain Drama. Bogor: Guepedia.
Priyatiningrum, D., &dkk.(2022). Mari BelajarBahasa Indonesia.Magelang: Pen Fighters.
Purnamasari, E., &Maridja, Y. (2018).KonflikDalamNaskah Drama TanpaPembantuKaryaA.Adjib: PendekatanPsikologiSastra. CARAKA, 157.
Purwaningsih, P. (2017). StrategiPemanfaatan Media Audio Visual UntukMeningkatkanHasilBelajarBahasaInggris. JURNAL INFORMATIKA UNIVERSITAS PAMULANG, 3
Regina, D. B. (2023).KajianSeniBudayaSekolahDasar. Malang: UniversitasMuhammadiyah Malang.
Rejo, U. (2020). KarakterisikJenisTeksSastraDalam Mata PelajaranBahasa Tingkat SMP. JurnalIlmuPendidikanBahasadanSastra Indonesia, 83.
Rosidah, T. C., Azmy, B., &Hanindita, W. A. (2023).PembelajaranBahasa Indonesia di SD. Sukabumi: CV Jejak.
Salsabila, H. U., Jaisyurohman, A. R., &Wardani, T. m. (2020).ImplementasiPembelajaranPendidikan Agama Islam DalamMembentukPribadiAkhlakulKarimah.JurnalPendidikandanSains, 5.
Saptadi, T. N., &dkk.,.(2023). Micro Teaching TeoridanPraktis.Banten: PT SADA KURNIA PUSTAKA.
Satrianawati.(2018). Media danSumberBeljar. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.
Sukasih, S. (2022).TeoridanApresiasiSastra di Sekolah.Gorontalo: Ideas Publishing.
Sumiharsono, R., &Hasanah, H. (2018).Media Pembelajaran.Jember: PustakaAbadi.
Suryadi, A. (2020). Teknologidan Media PembelajaranJilid 2.Sukabumi: CV Jejak.
Syarifudin, &Utari, D. E. (2022).Media Pembelajaran (Dari MasaKonvensionalHinggaMasa Digital). Palembang: Bening Media Publishing.
Wibowo, H. (2019). ApresiasiSastra. Ponoogo: PuriCipta Media.
Yuanata, F. (2017).Pengembangan Media Audio Visual Mata PelajaranBahasa Indonesia UntukSekolahDasar.ibriez, 62.
Zainiyati, S. H. (2017). Pengembangan Media PembelajaranBerbasis ICT KonsepdanAplikasiPadaPembelajaranPendidikan Agama Islam. Jakarta: Kencana.