PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IMAJINATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MEMPERHATIKAN UNSUR BATIN SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 LUBUKLINGGAU
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran imajinatif secara signifikan dapat menuntaskan kemampuan menulis puisi dengan memperhatikan unsur batin Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 293 siswa dan sampel atau subyek penelitian ini adalah kelas X.5 yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung 10,152 dan Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran imajinatif secara signifikan dapat menuntaskan kemampuan menulis puisi dengan memperhatikan unsur batin Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau.
Referensi
Dalman, (2016). Keterampilan menulis . Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Fadhillah, D. (2022). Aspek Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jawa Barat: CV Jejak.
Hasan, H. (2022). Penerapan metode field trip dalam menulis puisi siswa kelas X. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 27-33.
Kurnia, R. (2019). Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish.
Mulyadi, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Imajinatif dalam Meningkatkan Keterampilan Mengarang Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SD Negeri 32 Ampenan. PANDAWA , 2 (2), 352-364
Rokhmansyah, A. (2014). Studi dan Pengkajian Sastra Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. Indonesia: Graha Ilmu.
Satinem & Juwati, (2023). Apresiasi Puisi, Teori, Pendekatan, dan Aplikasi Lubuklinggau: Deepublish
Setiyadi, (2021). Pembelajaran CIRC dan Reproduksi Puisi Pengaruhnya pada Kemampuan Menulis Puisi. Indonesia: Penerbit NEM.
Silberman, M. L. (2016). Active Learning 101 cara belajar siswa aktif. Bandung: Nuansa Cendekia
Siswanto, W & Ariani, D. (2016). Model Pembelajaran Menulis Cerita. Bandung: PT Refika Aditama.
Tyasrinestu, F. (2020). Bernyanyilah Anak Indonesia Lagu Sebagai Sarana Untuk Membantu Perkembangan Anak. Yogyakarta: PT Kanisius.
Wahid, A. (2023). Buku Ajar Konsep Dasar. Jakarta: Samudera Biru.