PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI AIR SATAN

  • Dwi Hartati SMP Negeri Air Satan

Abstrak

Pembelajaran Matematika mengarahkan pada keterampilan berfikir kritis. Pada kemampuan materi Teorema Pythagoras pada siswa kelas VIII SMP Negeri Air Satan siswa dituntut memahami indikator pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi Teorema Pythagoras pada siswa kelas VIII SMP Negeri Air Satan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dari pratindakan sampai dengan Siklus II. Pengumpulan data dengan teknik tes. Pada hasil pratindakan diketahui hasil rata-rata nilai adalah 65,22 dengan ketuntasan klasikal 54,54%. Pada kegiatan siklus I diketahui rata-rata nilai adalah 69,09 Dengan ketuntasan klasikal 68,18%. Pada siklus II diketahui rata-rata nilai adalah 73,63 dengan ketuntasan klasikal 86,36%. Berdasarkan hasil rata-rata dikatahui peningkatan dari pratindakan ke siklus I adalah 3,87 sedangkan peningkatan ketuntasan klasikal dari pratindakan ke siklus I adalah 13,64%. Pada Siklus I ke siklus II diketahui peningkatan rata-rata nilai adalah 4,54 sedangkan ketuntasan mengalami peningkatan 18,18%. Selanjutnya peningkatan rata-rata nilai pratindakan ke siklus II adalah 8,41 Dengan ketuntasan klasikal dari pratindakan ke siklus II adalah 21,14%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Student Team Achevement Division (STAD) hasil belajar matematika materi Teorema Pythagoras pada siswa kelas VIII SMP Negeri Air Satan dapat meningkat.

Referensi

Abdilah, Rizki, dkk. (2022). Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Teorema Pythagoras ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal: Cendikia (Jurnal Pendidikan Matematika). Vol. 7, No. 1 (84-97).
Al-Tabany, (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta. Kencana.
Anasis, Khani Reveliya Putri dan Alyani, Fitri. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika terhadap Penalaran Matematis pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Anargya (Jurnal Pendidikan Matematika). Vol. 4, No. 2 (2615-4072).
Arikunto, Suharsimi, dkk., (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Bolah. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Teorema Pythagoras dengan metode Example non Examples pada siswa Kelas VIII SMPN 8 Pujut Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal: Ilmu Sosial dan Pendidikan. Vol. 3, No. 2 Juli 2019 (299: 308).
Hasan, dkk., (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Cerita terkait Teorema Pythagoras. Jurnal Pendidikan. Vol. 4 No. 4 (468-477).
Hudoyo, H. (2005). Teori Belajar untuk Pengajaran Matematika. Jakarta: Depdikbud.
Hendrakus, dkk., (2022). Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Pendidikan Matematika (Al-Khawarizmi) Vol. 2, No. 1 Januari 2022 (29-39).
Istiā€™anah, Hanik. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tope Recippocal Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Teorema Pythagoras. Jurnal: Pembelajaran dan Riset Pendidikan. 431-442.
Komalasari, Intan dan Imami, Adi Ihsan. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis siswa SMP Kelas VIII pada Materi Pythagoras. Jurnal: Aksioma (Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika). Vol.6. No 2. 392-401.
Malikhah, Siti. (2021). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Teorema Pythagoras melalui Model Think Talk Write. Jurnal: Pendidikan Matematika Kudus. Vol 4, No. 1 Juni (95-106).
Mulyati, Sri dan Evend, Haniv. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP 2 Bojonegara. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 03 No.01, Mei 2020.
Nurfadilah, dkk. (2020). Profil Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII dalam Memecahkan Masalah Teorema Pythagoras Ditinjau dari Kemampuan Spasial. Jurnal: Riset Pend. MIPA. 4(1): 12-24, Juni 2020.
Pauweni, K.A.Y., dkk., (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teorema Pythagoras menggunakan Aplikasi Geogebra di Kelas VIII SMP Negeri 15 Gorontalo. Jurnal: Cendikia (Jurnal Pendidikan Matematika). Vol. 6, No. 3 Agustus (2660-2669).
Restianingsih, Annisa dan Pujiastuti, Heni. (2020). Analisis Kesulitan Kemampuan Konsep Siswa SMP pada Materi Pythagoras. Jurnal: Didaktis (Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan) Vol. 20, No 3 (210-219).
Riyanto, Yatim. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.
Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Ed.2. Jakarta. Rajawali Pers.
Sudrajat. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal-Soal Teorema Pythagoras. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika. Vol. 3, No. 1, April 2022.
Sumardyono. (2018). Pemahaman Konsep Teorema pada kasus Teorema Pythagoras. Jurnal Edumat: Jurnal Edukasi Matematika. Vol. 9, No. 17. 988-997).
Supamena, Patma. (2013). Pengaruh Proses Pembelajaran Teorema Pythagoras dengan menggunakan strategi Inquiry terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Ambon. Jurnal Matematika dan Pembelajaranya. Vol. 1 No. 1 64-73.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Syutaridho. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Model Discovery Learning pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal: Pendidikan Matematika RAFA. Vol. 6, No. 2, (170-179).
Tahun, Ardy Imanuel dan Kelen, Y.P.K. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Teorema Pythagoras dengan Menggunakan Model Pembelajaran Nomber Heards Together (NHT) berbasis Multimedia. Jurnal: Pendidikan Matematika. Vol. 1, No. 1 79-84.
Utari, Antonius dan Setyadi, Danang. (2022). Pengembangan Pembelajaran berbasis Pop-Up Book Materi Teorema Pythagoras pada Kelas VIII SMP. Jurnal: Math Didactic. Jurnal pendidikan matematika. Vol. 9, No. 3 (497-507).
Wardhani, Igak. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Univrsitas Terbuka.
Winarni, Endang Widi. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif, PTK dan R&D. Jakarta: Bumi Aksara.
Yuliana, Devi dan Miatun, Asih. (2022). Analisis Kemampuan berfikir Matematis siswa berdasarkan Self Efficacy dan gender. Jurnal: wahana Pendidikan. Vol. 10 No, 2 Agustus 2022 (231-248).
Diterbitkan
2024-01-28