UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI RELASI DAN FUNGSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI H WUKIRSARI
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar matematika materi relasi dan fungsi melalui model pembelajaran treffinger pada siswa kelas VIII SMP Negeri H Wukirsari. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan pratindakan, Siklus I dan Siklus II. Pengumpulan data dengan teknik tes dan non-tes (hasil observasi). Pada hasil pratindakan diketahui hasil rata-rata nilai adalah 67,16 dengan ketuntasan klasikal 60%. Pada kegiatan siklus I diketahui rata-rata nilai adalah 69 dengan ketuntasan klasikal 70%. Pada siklus II diketahui rata-rata nilai adalah 73,16 dengan ketuntasan klasikal 90%. Berdasarkan hasil rata-rata dikatahui peningkatan dari pratindakan ke siklus I adalah 1.84 sedangkan peningkatan ketuntasan klasikal dari pratindakan ke siklus I adalah 10%. Pada Siklus I ke siklus II diketahui peningkatan rata-rata nilai adalah 4,16 sedangkan ketuntasan mengalami peningkatan 20%. Selanjutnya peningkatan rata-rata nilai pratindakan ke siklus II adalah 9 dengan ketuntasan klasikal dari pratindakan ke siklus II adalah 30%. Berdasarkan hasil PTK dapat disimpulkan jika hasil belajar matematika materi relasi dan fungsi melalui model pembelajaran treffinger pada siswa kelas VIII SMP Negeri H Wukirsari dapat meningkat.
Referensi
Alkariim, Meida Rahma dan Aini, Indrie Noor. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Relasi dan Fungsi. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 8(1), 29–40, Maret 2023.
Baihaqy, Alif Rizky dan Wulandari, Enika. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Contextual Teaching Learning Berbantuan LKPD Materi Relasi dan Fungsi. Kognisi: Jurnal Ilmu Keguruan. Volume 1 Nomor 1 Tahun 2023.
Basri, Muhammad Yusran. (2017). Deskripsi Pemahaman Konsep Fungsi. Jurnal Nalar Pendidikan Volume 5, Nomor 2, Jul-Des 2017.
Cahyati, Ririn. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII SMP PGRI Wonotirto. JP3, Volume 16, No. 12, Juli.
Hasbullah, H.M. (2015). Kebijakan Pendidikan: Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hudzaifah. (2013). Pembelajaran Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers Melalui Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains, Volume 1, Nomor 4, Desember 2013, Halaman 397-403.
Imaroh, Rahma Dhiyatul dan Fauziah, Hanin Niswatul. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Treffinger berbasis Reading Alound untuk meningkatkan kemampuan menulis literasi ilmiah peserta didik MTS Kelas VII. Jurnal: Tadris IPA Indonesia. Vol. 1, No.3 2021.
Ismail, Suparman M., dkk., (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan ModelPembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal: Jambura Journal Of Mathematics Education. Jambura J. Math. Educ. Vol. 4, No. 1, pp. 81-87, Maret 2023.
Jawa, Anastasia Ndelos, dkk., (2022). Pengembangan Bahan Ajar pada Materi Relasi dan Fungsi Berbasis Pendekatan Penemuan Terbimbing untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 06, No. 02, Juli 2022, pp. 1568-1583.
Kurniasih, Lilis. (2020). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Tentang Memahami Bentuk Aljabar, Relasi, Fungsi, dan Persamaan Garis Lurus melalui Model Quantum Teaching pada Siswa Kelas VIII A SMPN 1 Haruai. Langsat, Jurnal Pendidikan Dan Sosial. Vol. 7, No. 2, Juli-Desember, 2020, Hal. 19 – 25.
Lello, Mega Lita A, dkk., (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Reformasi Plus Noelbaki. Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Volume 4, No. 2, November 2023, Hal. 1-7.
Lestari, Desi, dkk., (2020). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII3 SMP Negeri 4 Siak Hulu. Jurnal: AKSIOMATIK VOL. 8 NO. 2 MEI 2020.
Putri, Amelia Elsandra Putri dan Warni, Attin. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics). Volume 7, Nomor 1, Juli 2022.
Rato, Aquina Helmina. (2020). Penerapan Pendekatan Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Fungsi SMA Negeri 1 Loura. Jurnal Pendidian Pemuda Nusantara Volume 2 No.1 (27-35).
Salaswati, Meilinda dan Adirakasiwi, Alpha Galih. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Didactical Mathematics. Volume 4, Nomor 2, Oktober 2022.
Sarnawiah dan Yensy, Nurul Astuty. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII-2 SMP Negeri 3 Kota Bengkulu melalui Model Discovery Learning (DL). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Vol. 04 No. 02, Desember 2019.
Soleh, Muhamad. (2022). Problem Based Learning (PBL) Meningkatkan Hasil Belajarmatematika Materi Relasi Dan Fungsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jatinegara. Jurnal: Tlutuh Sawo (Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Humaniora). Vol. 6, No. 3, Juli 2022.
Solihat, Erna Kirana. (2022). Analisis Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Relasi Dan Fungsi Kelas VIII-D SMP Pataruman Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Volume 6, No. 2, Maret 2023.
Shoimin, Aris. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Sudjiati. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Materi Relasi dan Fungsi Melalui Model Numbered Heads Together. Jurnal Koulutus. Vol. 1 No. 1. 2020 (1-12).
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning (teori dan aplikasi paikem). Jakarta: Pustaka Pelajar
Trianto. 2010. Model pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Uswati, Nurul. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Relasi Dan Fungsi Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas VIII.C SMP Negeri 3 Salam Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023. SICEDU: Science and Education Journal: Vol 1 No 2 (Oktober, 2022).
Wahyundari, Rina (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Relasi Dan Fungsi Melalui Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 7 No. 2 Juli 2020, hal 107-114.
Wantini, Ani. (Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII F Dengan Menggunakan LKPD Dalam Pembelajaran Di SMP Negeri 10 Semarang Semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang Volume 03 Nomor 02 Oktober 2015.
Wardhani, Igak. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: UT