PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF POWER POINT BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR KKG GUGUS I KABUPATEN MUSI RAWAS

  • EFUANSYAH STKIP PGRI LUBUKLINGGAU
  • RENY WAHYUNI
Keywords: KKG, Power Point,media pembelajaran

Abstract

Tujuan dari kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif power point bagi guru-guru Sekolah Dasar KKG Gugus 1 Kabupaten Musi Rawas, sehingga mampu menambah pengetahuan dan wawasan bagi guru. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah ceramah, diskusi dan tanya jewab, serta demonstrasi dan praktik. Pengabdian pada Masyarakat ini dilaksanakan di aula SD Negeri 1 Srikaton yang merupakan SD inti dari Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus 1 Kabupaten Musi Rawas. Melalui kegiatan ini akhirnya guru dapat membuat presentasi yang baik dan menarik menggunakan power point dan mampu menerapkannya dalam proses pembelajaran di kelas. Karena salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada para guru KKG Gugus 1 Kabupaten Musi Rawas dalam membuat media pembelajaran interaktif power point. Hasil dari kegiatan ini diharapkan guru mampu membuat sendiri media pembelajaran interaktif yang menarik bagi siswa, sehingga proses pembelajaran yang dilakukan di kelas lebih menyenangkan dan siswa dapat memahami materi yang disampaikan guru dengan baik.

References

Aji, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia : Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM : Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 395-402.
Arizona, Kurniawan dkk. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 5(1).
Mastura & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. 3(2). 289-295.
Rosali, E.S. (2020). Aktivitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geosee : Geography Science Education Explored Journal. 1(1). 21-30.
Published
2022-03-12