PENINGKATAN KETERAMPILAN PENULISANDAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH PADA MAHASISWA PRODI. PEND. BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS PGRI SILAMPARI LUBUKLINGGAU
Abstract
Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah memberikan pendampingan penulisan karya ilmiah danPublikasiartikelpadaMahasiswa Prodi. Pend. BahasadanSastra Indonesia UNPARI. Metode yang digunakan adalah metode diskusi, pendampingandan praktik, dalam menulis karya ilmiah dan publikasi artikel di jurnalnasional. PKM ini merupakan salah satu bentuk Tri DarmaPerguruanTinggidanpeningkatankemampuanmenuliskaryailmiahdanpublikasiartikelpadajurnalterakreditasidanber-ISSN. Hal ini menjadi perhatian tim PKM karena maraknya fenomena Plagiat dan tuntutan di UNPARI yang mengharuskansetiapkaryailmiahharusdipublikasibaik di jurnalnasionalterakreditasidanber-ISSN. Kegiatan penulisan karya ilmiah danpublikasiartikelsangat penting dalam menunjang kegiatan belajar mengajar, dengan baiknya karya ilmiah seseorang maka akan meningkatnya kompetensi mahasiswa. Pendampingan ini berkonsentrasi dari peulisan karya ilmiah, makalah, skripsi dan publikasi artikel pada jurnal nasional terakreditasi dan ber-ISSN. Berdasarkan hasil kegiatan pendampingan penulisan karya ilmiahdanpublikasiartikel temuan penulis diantaranya: 1) Meningkatyaketerampilanmenulismakalah. 2) Meningkatnyaketerampilanmenulisskripsidariberbagaijenispenelitian (Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). 3) Meningkatnyaketerampilanmenulisartikelilmiah. 4) Meningkatnyakemampuanpublikasiartikelnasional (submitedanrevisiartikel). 5)Meningkatnyamotivasidalammenuliskaryailmiah. Secara umum peserta penulisan karya ilmiah danpublikasiartikelmeningkat baik dari kompetensinya maupun motivasinya.
References
Hamalik, Oemar. 2016. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Maolani, R.A dan Cahyana, Ucu. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumiati dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Susetyo. 2010. PenelitiankualitatifdanPenelitianTindakanKelas. Bengkulu.
Suyiting, Imam. 2011. Karya Tulis Ilmiah (KTI). Bandung: Aditama.
Tarigan, H.G. 2008. MenulisSebagaiKeterampilanBerbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.