PELATIHAN FUNDAMENTAL SPOKEN ENGLISH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRESENTASI SOFTWARE ( ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSES: INFORMATION SYSTEM STUDENTS AT STMIK BNJ LUBUKLINGGAU)

  • Ardayati Universitas PGRI Silampari
  • Maria Ramasari
Keywords: English Presentation, Mahasiswa Sistem Informasi

Abstract

Program Studi Sistem Informasi merupakan salah satu program studi yang ada di STMIK BNJ Lubuklinggau yang menggabungkan beberapa bidang keilmuan, yaitu ilmu komputer, manajemen dan bisnis. Dalam proses pembelajarannya, mahasiswa tidak hanya membuat suatu produk teknologi, tetapi juga mampu mempresentasikan produk teknologi tersebut. Kemampuan presentasi sebuah produk teknologi sangat mutlak diperlukan. Kemampuan ini mendasari kesuksesan mahasiswa dalam menjawab tantangan dunia kerja.

Pelatihan Fundamental Spoken English dalam Meningkatkan Kemampuan Presentasi Software ( English for Specific Purposes: Information System Students at STMIK BNJ Lubuklinggau) bertujuan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris tentang bagaimana mahasiswa Sistem Informasi mempresentasikan software dengan baik dan penuh percaya diri. Metode yang digunakan adalah drill dalam bentuk diskusi dan presentasi melalui pelatihan selama 4 pertemuan. Jumlah peserta pelatihan adalah 27 mahasiswa. Hasil PPM yang ingin dicapai yaitu terlaksananya pembelajaran tentang teori presentasi, praktik dan keahlian presentasi Bahasa Inggris..

Kegiatan PPM ini melibatkan 3 orang mahasiswa Universitas PGRI SilampariĀ  yang diharapkan dapat memberikan pengalaman diluar kampus bagi mereka tentang bagaimana mempersiapkan administrasi pelatihan, mempersiapkan materi dan perlengkapan serta melihat secara nyata proses pelatihan English Presentation yang melibatkan mahasiswa Sistem Informasi sebagai peserta. Dengan diikutsertakan mereka dalam pelatihan ini, diharapkan mereka kelak memiliki keterampilan mumpuni untuk melaksanakan pelatihan dengan materi yang bermanfaat bagi masyarakat. Pengabdian ini juga memberikan dampak positif bagi dosen sebagai pelatihan yang terencana, dan berdampak pada masyarakat, yakni para peserta menjadi mahir dan percaya diri ketika berbicara di depan umum dalam bahasa Inggris karena telah melalui latihan yang terstruktur dan intensif serta sesuai dengan kebutuhan. Selain itu dosen juga menambah pengalaman berkoordinasi dengan mitra, bekerjasama, melakukan aktivitas pembelajaran bermanfaat tidakĀ  hanya di dalam kampus tapi juga diluar kampus. Selain itu, Materi English for Presentation dapat digunakan oleh dosen sebagai bahan ajar pada Mata Kuliah Public Speaking. Skill Speaking ini juga akan dijadikan sebagai akar ilmu bagi dosen dalam melaksanakan penelitian, sehingga menjadi rangkaian tri dharma perguruan tinggi yang tidak terpisah.

References

Albana. (2010). Cara Melatih Artikulasi. Bandung: Aksara Family.

Belcher, D. D. (2006). English for Specific Purposes: Teaching to Perceived Needs and Imagined Futures in Worlds of Work, Study, and Everyday Life. TESOL Quarterly

Elly dan Pranama, J. (2006). General Public Speaking. Jakarta: Public Speaking School.

Pardjono, Nuchron. (2017). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Produktivitas Publikasi Karya Ilmiah Mahasiswa Pps UNY pada Jurnal Internasional Terindeks. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 2(2), 139-147.

Sameto, H. (2006). Kiat Sukses Mengolah Komunikasi. Jakarta: Puspa Sawara.

Widiawan, K. (2010). Public Speaking Training. Yogjakarta: IRE Press.
Published
2024-12-31