Sosialisasi dan Pelatihan Permainan Woodball Pada Guru Olahraga Serta Siswa di Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara
Abstract
Pembelajaran seorang guru harus mampu menerapkan berbagai model pembelajaran dalam melaksanakan pembelajaranya baik di dalam kelas maupun di lapangan, dengan menciptakan pembelajaran yang menarik bagi siswa, akan berdampak positif bagi pertumbuhan dan perkembangan. Salah satu aspek permainan dan olahraga yang penting dalam pertumbuhan anak adalah woodball. Woodball adalah olahraga yang di lakukan di luar ruangan dan menyerupai permainan golf, olahraga Woodball sendiri dimainkan dengan tongkat kayu dan bola kayu serta dimasukan ke gawang. Woodball tergolong olahraga yang bisa di katakana baru serta belum familiar di sekolah, belum banyak yang tahu mengenai olahraga woodball. Maka sosialisasi dan petandingan woodball sangat di butuhkan guru dan siswa agar guru dan siswa dapat pengetahuan dasar dalam olahraga woodball serta kompetisi yang dilaksanakan dapat mengembangkan aktivitas fisik. Dengan adanya pelaksanaan sosialisasi dan kegiatan mini kompetisi woodball ini di harapkan banyak guru dan siswa dapat mengenal atau mengetahui olahraga woodball.
References
A.Suherman, (2000), Siswa Yang Berkarakter, Bandung: FPBS UP
BSNP. (2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta
Fitriatul Hasanah. (2020). Konsep Pertandingan Bola Basket Selama Masa Pandemi Covid-19. STKIP Bangkalan: Pendidikan Olahraga
Kristiyandaru A. (2010). Manajemen pendidikan Jasmani dan Olahraga. Surabaya:Unesa University Press
Kriswantoro. (2015). Teknik dasar Bermain Woodball. Semarang: Fastindo.
Lutan, Rusli.(2001). Asas-asas Pendidikan Jasmani. Jakarta. Depdiknas