SOSIALISASI E-MODUL INTERAKTIF PADA GURU SD NEGERI 20 LUBUKLINGGAU

  • Dodik Mulyono STKIP PGRI LUBUKLINGGAU
  • Leo Charli
  • Ani Fiani
  • Citra Raflesia
  • Atika Nur Hidayat

Abstrak

Guru di SD Negeri 20 Lubuklinggau belumpernahmendapatkansosialisasitentangemodule interkatif.Melaluiemodule interaktif, pesertadidiktidakhanyabelajaruraianmateriberupa teks dan gambar saja tapi siswa juga difasilitasi berupa video pembelajaran, taihan interkatif dan juga sensasi seperti mereka membaca buku dengan menerapkan konsep flippbook.

Tujuandaripengabdianiniadalahuntuk memberikan sosialisasi emodule interaktif. Adapun metode yang dilakukan terdiri dari 3 tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah para peserta meningkatnya pengetahuan dan motivasi belajar tentang emodule interaktif

 

 

Referensi

Asmi. Rol. Adhitya, Surbakti. B. AuliaNovemyDhita, Hudaidah. (2018) Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Book Maker Materi Pendidikan KarakteruntukPembelajaran Mata Kuliah Pancasila MPK Universitas Sriwijaya, Jurnal Pendidikan IlmuSosial, 27 (1), 1-10.

Gozali, F. dan Billion Lo. 2011. “PemanfaatanTeknologi Open Source dalamPengembangan Proses Belajar Jarak Jauh di PerguruanTinggi ”. MakalahdisajikandalamSeminar Nasional OptimalisasiPemanfaatanAplikasiTIdalam Dunia Pendidikan. Jurusan Pendidikan Teknik Informasika. Singaraja. 20 September 2011.

Hamdani. 2011. Strategi BelajarMengajarMengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hidayatullah, M. S., &Rakhmawati, L. (2016). Pengembangan Media PembelajaranBerbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar di SMK N 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 83–88.

Ihsan, M., N. (2014). Proses BelajarMengajar. Jakarta: PT BumiAksara.

Ikhsanudin, Arief, 2013. Historia Masa Lampauselalu Actual. Diakses 3 Desember 2018 http://historia.id.budaya.articles.

Muhammad Hartoto, et al. (2021). Pengembanganmodulpembelajaranatletikberbantuan QR code. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 2(1), 51–60. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/es:ijope.2021.vol2(1).6567

Pelet, j.-E. (2014). E-learning 2.1 Techniques and Web Application in Higher Education. USA: IGI Global.

Suandi, D., Mulyono, D., &Darsi, H. (2021). Pengembangan Modul Teknik Dasar Pencak Silat Berbantuan Quick Responce Code di SMA Negeri Selangit. Educative Sportive, 2(01), 27-35. https://doi.org/10.33258/edusport.v2i01.1598

Wijayanto, & Saifuddin Zuhri, M. (2014). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Book Maker Dengan Model Project Based Learning UntukMengembangkanKemampuanPemecahanMasalahMatematika. Prosiding Mathematics and Sciences Forum, 625–628.

D Mulyono, D Friansah, Y Asmara(2021). Workshop Pembuatan E-Modul Interaktif Pada MGMP Sejarah Kota Lubuklinggau. Maslahah: JurnalPengabdian Masyarakat, 2021
Diterbitkan
2022-03-12