PELATIHAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA GURU- GURU BAHASA INDONESIA YAYASAN NURUL HIKMAH AL HAKIM JONGGOL JAWA BARAT

  • Egi Nusivera Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
  • Indah Rahmayanti

Abstrak

Pendekatan pembelajaran di sekolah pada era pandemi ini keadaannya membuat pendekatan pembelajaran menjadi terbatas. Keadaan ini juga membuat guru Bahasa Indonesia menjadi terbatas dalam melakukan pendekatan pembelajaran Bahasa Indonesia. Maka pada pembelajaran sekolah terkait mata pelajaran Bahasa Indonesia, kami memberikan solusi berupa pelatihan pendekatan saintifik kepada siswa. Langkah nyata dalam kegiatan ini adalah sebagai berikut ; melakukan pemberdayaan personal baik dalam meningkatkan kompetensi dan peran tim pengmas serta mitra pengmas, meningkatkan jiwa kerelawanan dan kemampuan kolaborasi (interprofessional dan transprofessional) pada tim pengmas dan mitra pengmas, kontribusi aktif dalam penanganan Covid-19 dan peningkatan pemahaman pendekatan saintifik khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia bagi guru-guru di yayasan Nurul Hikmah Al - Hakim. Guru dapat mengembangkan kapasitas, pengetahuan dan mendorong peningkatan kesadaran akan pentingnya pendekatan saintifik. Pemberdayaan institusi dengan memperkuat kontribusi perguruan tinggi dalam melatih guru-guru ini sebagai bentuk implementasi kebermanfaatan keilmuan dosen Pendidikan Bahasa Indonesia untuk masyarakat. Sumbangsih dan inspirasi dalam proses pembelajaran jarak jauh (secara daring maupun luring) di yayasan Nurul Hikmah Al Hakim

Referensi

Anderson, Lorin. 2001. Kerangkalandasanuntukpembelajaran, pengajaran dan asesmen. New York: MK Company (Judulbukuasli: A Taxonomy for Learning, Teaching and assesing: A revision of Bloom Taxonomy of educational Objective, 1956, diterjemahkan Agung Prihantoro).
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasardasarevaluasipendidikan. Jakarta: BumiAksara
Chapman, Carolyn. 2011. Differentited instruction in literacy, math & science. California: Thousand Oak Choong,
Philip. (2008). Task complexity and linguistic complexity: an exploratory study (VersiElectronik). Journal TESOL and Applied Linguistic, Vol.11, 1-25.
Hosnan. 2014. Pendekatansaintifik dan kontekstualdalampembelajaranabad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Johnson, W. David. 2012. Colaborative learning, strategi pemebelajaranuntuksuksessemua. Virginia: Alexandria (Judulasli The Ne circle of learning. DiterjemahkanNarulitaYusron, 2004)
KBBI. 2008. Kamusbesarbahasaindonesiapusatbahasa. EdisiKeempat. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Bahasa Indonesia wahanapengetahuan. Jakarta: Kemdikbud
Kunandar. 2013. Penilaianautentik (penilaianhasilbelajarberdasarkankurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo
Price, Leah. (2007). The look of reading: book, painting, text. ProQuest Education Journal, Vol. 49 531-532
Soegiyono. 2008. Metodepenelitiankualitatif, kuantitaif dan r&d. Bandung: Alfa Beta
Syamsi, Kastam, et.al (2013). Pengembangan model buku ajar membacaberdasarkanpendekatan proses bagisiswasmp. Journal Cakrawala Pendidikan, Februari 2013, Th. XXXII, No. 1
Diterbitkan
2022-06-13