PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL POPULER BAGI SISWA SMA MUHAMMADIYAH 2 JAKARTA

  • Indah Rahmayanti Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
  • Ummul Qura

Abstrak

Pemberlakuan PPKM level tiga ditengah pandemi COVID 19 yang ditetapkan sebagai bencana nasional ini membuat pembelajaran sekolah serba terbatas. Keadaan ini yang membuat keterampilan siswa dalam bahasa tulis menjadi tidak maksimal. Maka pada pembelajaran sekolah terkait mata pelajaran Bahasa Indonesia terkhusus keterampilan berbahasa tulis, kami memberikan solusi berupa pelatihan penulisan artikel. Langkah nyata dalam kegiatan ini adalah sebagai berikut ; melakukan pemberdayaan personal baik dalam meningkatkan kompetensi dan peran tim pengmas serta mitra pengmas, meningkatkan jiwa kerelawanan dan kemampuan kolaborasi (interprofessional dan transprofessional) pada tim pengmas dan mitra pengmas, kontribusi aktif dalam penanganan Covid-19 dan peningkatan keterampilan berbahasa tulis khususnya penulisan artikel populer untuk siswa. Siswa dapat mengembangkan kapasitas, pengetahuan dan mendorong peningkatan kesadaran akan pentingnya mengasah keterampilan menulis. Pemberdayaan institusi dengan memperkuat kontribusi perguruan tinggi dalam melatih siswa ini sebagai bentuk implementasi kebermanfaatan keilmuan dosen Pendidikan Bahasa Indonesia untuk masyarakat. Sumbangsih dan inspirasi dalam proses pembelajaran jarak jauh (secara daring maupun luring) di sekolah amal usaha Muhammadiyah yaitu SMA Muhammadiyah 2 Jakarta.

Referensi

Abigail, Monica.2008. Kreatif Dengan Menulis. Jakarta: Permata Equator Media.
Andi Budi. 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Pengalaman Pribadi Melalui Teknik Pemodelan Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas VII E SLTP Negeri 2 Matesih Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
De Potter, Bobby dan Mike Hernacki. 1999. Quantum Learning, Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.
Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Berbahasa di Taman Kanak – Kanak. Jakarta: Direktorat Pembinaan Taman Kanak – Kanak dan Sekolah Dasar.
Haryanto, Ignatius. 2014. Jurnalisme Era Digital. Jakarta: Kompas.

Haryati, M. 2008. Model dan Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas
Harsono, Fuadi Amir, Saddhono, K. (2012). Pengaruh Strategi Know Want to Learn (KWL) dan Minat Membaca Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa SMP Negeri Di Temanggung. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 1 (1), 53-64.
http://annagraciana.wordpress.com/2010/09/22/pendekatan-integratif-terpadu/ http://id.wikipedia.org/wiki/Berbicara
Indriyana, Hasta. (September 2016). Mendorong Terciptanya Pembelajar Mandiri. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Generasi Cendekia dan Literat, di Fakultas Bahasa dan Seni Uiversitas Negeri Yogyakarta.
Iskandar. 2009. Psikologi pendidikan (Sebuah Orientasi Baru). Cipayung: Gaung Persada Press.
Jauhari, Heri. 2013. Terampil Mengarang. Bandung: Nuansa Cendekia.
Kusumangingsih, Dewi. Dkk. 2013. Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: ANDI OFFSET.
Majid, Abdul 2001, Perencanaan Pembelajaran dan Mengembangkan Standar. Kompetensi Guru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Arsyad
-------------------- . 2015. Strategi Pembelajaran.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Mulyati. Yeti. 2011. Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nasucha, Yakub, dkk. 2009. Bahasa Indonesia Untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah.
Yogyakarta: Media Perkasa.
Prastawaningsih, D. (2011). Nilai-nilai Pendidikan karakter pada Kompetensi Berbicara Dalam Buku Aku Bisa Basa Jawa Terbitan Yudhistira. Universitas Negeri Semarang.
Rahmawati, Suwandi, Saddhono Kundharu, Setiawan Budhi. (2017). Urgensi Literasi Komunikasi dalam Pengembangan Tes Kompetensi Berbahasa Indonesia untuk Mahasiswa Asing. The Ist International Conference On Language, Literature and Teaching, 901-906. Tamburaka
Rosyadi, Rahmat. 2008. Menjadi Penulis Profesional Itu Mudah (Proses Kreatifitas Menulis & Menerbitkan Buku Sekolah & Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia
Siswasih, dkk. 2007. Bahasa dan Sastra Indonesia I. Bekasi: PT Galaxy Puspa Mega. Sudarmadji dkk. 2010. Teknik Bercerita. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta
Tarigan, Henry Guntur. 1986. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Djago dkk. 1998. Pengembangan Keterampilan Berbicara. Jakarta: Depdikbud. Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka
Diterbitkan
2022-06-13